Terjebak Kelebihan Tunjangan, Puluhan Guru Di Sidang Majelis

Inspektur Inspektorat Lombok Barat H. Ilham 

Lombok Barat (Insidelobar.com) - 
Puluhan tenaga pendidikan tingkat SD dan SMP akhirnya diminta mengembalikan kelebihan pembayaran tunjangan anak. Mereka merupakan guru PNS yang tidak melapor terkait anak mereka yang sudah lewat batas umur dan telah lepas dari tunjangan yang dibayarkan negara.

Sebagai upaya terakhir, Pemda Lombok Barat rupanya  harus getol menyelesaikan persolan ini di meja sidang Majelis. Sidang Tersebut dihadiri Ketua Tim Sekda Lobar, Inspektur Inspektorat, Asisten III Bidang Keuangan bersama Bagian Hukum dan Kepala BPKAD.

Inspekktur Inspektorat Lombok Barat H. Ilham menjelaskan, sidang majelis ganti rugi Daerah terpaksa harus memaksa 26 orang ASN Lingkup Pemerintahan Lombok Barat yang didalamnya menerima kelebihan  pembayaran tunjangan anak.

"Kelebihan pembayaran tunjangan PNS di jajaran guru baik di tingkat SD dan SMP ini, menjadi temuan pemeriksaan dibeberapa waktu lalu," ungkapnya.

Sekarang kita masuk kepada tahapan dipersidangan. Namun pada prinsipnya temuan ini mereka sudah siap mengembalikan. Dimana totalitas nilai kelebihannya sekitar 87 jutaan dari 26 orang yang dipanggil dalam persidangan.

"Ini sebagai upaya kita untuk melakukan proses, mulai dari monitoring, pemanggilan hingga dengan upaya terakhir sampai di persidangan," terang mantan Kepala Dikbud ini.

Persidangan ini lanjut dia, dilakukan secara bertahap khusus untuk guru. Kemudian pada kesempatan lain sedang dihimpun. Tapi yang khusus di OPD, rata rata rata sudah selesai sehingga tidak ada pemanggilan untuk dibawa sampai ke sidang.

"Kalau yang ini yang tidak selesai, makanya diproses agar kelebihan ini sebisa mungkin harus dikembalikan," ujarnya.

Konsekuensi dari temuan tersebut diharuskan untuk wajib mengembalikan dengan jaminan secara tertulis dan jaminan macam macam, kira kira kira seperti itu kata H. Ilham. Sebenarnya persidangan ini tidak perlu ada pemakasaan, tapi sekarang harus dengan sedikit pemaksaan dengan persidangan.

Temuan ini nilainya berfariasi dari satu juta hingga belasan juta satu orang. meski temuan ini tidak terlalu banyak tapi ini menyangkut kerugian dan kalau dikali banyak totalnya lumayan banyak.

"Nilai yang disidangkan sebesar 87juta.
Kerugian ini semuanya akan masuk ke kas Daerah," paparnya.

Mereka dibuatkan surat pernyataan dengan perjanjian dengan waktu yang dibatasi beserta jaminan agar lebih cepat diselesaikan.

"Jadi beberapa guru ini ada juga yang langsung membawa bukti stor di persidangan dan kita selesaikan. Ada juga yang setorkan di tempat dan kita akan siap bantu bagi yang belum menyelesaikan," pungkasnya. (Ikhw@N)
Download
Terjebak Kelebihan Tunjangan, Puluhan Guru Di Sidang Majelis

0 Response to "Terjebak Kelebihan Tunjangan, Puluhan Guru Di Sidang Majelis "

Posting Komentar