Siasati Pengamanan Aset Di STIE AMM, Pemda Lobar Tancap Plang


Lombok Barat (Insidelobar.com) - Substansi penertiban dan pengamanan aset milik Daerah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat (Lobar) melakukan pemasangan plang di enam titik baru ini. Selain ditempat terpisah, lebih khusus pemasangan plang ini dengan mendatangi obyek aset di STIE AMM Mataram jalan pendidikan. Satu di depan pintu maauk dan satunya lagi. Praktis plang ini diklaim sebagai pengamanan bahwa aset yng dimaksud sebagai bukti kepemilikan Pemda Lobar.

Kepala BPKAD lobar Fauzan Husniadi mengatakan, tindaklanjut sebagai hasil keputusan rapat beberapi hari lalu dengan pihak AMM. Pun oemasangan plang ini sebagai tindak pengamanan aset kita di Lobar. Karena terlebih kata dia, aset di AMM ini, terhitung sejak
sejak tahun 1986 belum ada sama sekali kontribusi buat Daerah.

Menurutnya, pihaknya kini masih menunggu hasil appraisal atas lahan 17 are di AMM itu. Sebab kepemilikan aset ini sendiri sudah diakuinya bahkan, pihak AMM sudah bersedia akan menyewa lahan itu. Untuk itu, Pemda pun sudah mempersilahakan pihak AMM mengajukan berapa penawarannya untuk dicocokan dengan Appraisal.

“Mereka siap membayar siap menyewa, tapi satu permintaan mereka kemarin untuk tidak mengitung (sewa) dari tahun 1986,” jelasnya.

Pemda lanjut Fauzan, sudah siap mengeluarkan SK pembatalan untuk SK pinjam pakai lahan itu dari 1986. Selain itu pihaknya akan tetap merunjuk pada Peraturan Menteri Dalam Negeri No.17 tahun 2007 untuk pemanfaatan barang milik daerah. Yang disempurnakan Permendagri 19 tahun 2016 mengenai pedoman pengelolaan barang milik daerah.

Masalah aset tegas dia, sudah menjadi atensi pihak KPK secara khusus, oleh sebab itu, salah satu langkah baik soal ini yakni dengan melakukan pemasangan plang sebagai bagian dari pengamanan. Sesuai saran KPK agar
tdak hanya di AMM saja, kan tapi, pemasangan plang juga akan harus dilakukan di aset Pemkab Lobar lainnya seperti di lembuak dan Tanjung KLu yang digunakan Bank NTB Syariah.

“Makanya hari ini juga, kami bergerak di wilayah Desa Bukit Tinggi lakukan pemasangan plang,” pungkasnya.

Sementara itu, Pembantu Dekan (PD) III STIE AMM Mataram, Sukma Hidayat yang dikonfirmasi mengaku jika pihak AMM menerima atas pemasangan plang itu. Mengingat lahan itu memang diakuinya milik Pemkab Lobar. Hanya saja jika kaitan dengan akan ada penyewaan lahan atau sebagainya, Pria yang akrab disapa Dayat itu tak berani menangapinya.

“Kalau yang lain-lainnya itu tidak berani memberikan jawaban pasti, karena bukan kapasitas saya memberikan jawaban. Tapi kami membenarkan jika lahan ini milik Pemda Lobar,” terangnya.

Diakuinya saat pertemuan beberapa hari lalu dengan BPKAD hanya ada pembahasan terkait pebatalan SK pinjam pakai itu. Belum ada secara khusus untuk pembahasan sewa kontrak. Terlebih pihak BPKAD sedang melakukan appraisal. (Ikhw@N)
Download
Siasati Pengamanan Aset Di STIE AMM, Pemda Lobar Tancap Plang

0 Response to "Siasati Pengamanan Aset Di STIE AMM, Pemda Lobar Tancap Plang"

Posting Komentar