Kampung Sehat Kampung MotoGP, Desa Kuripan Tangkap Peluang Dengan Berinofasi

Kepala Desa Kuripan Lombok Barat Hasbi 

Lombok Barat (Insidelobar.com) - 
Setelah dinobatkan sebagai juara l lomba desa sehat tingkat Limbok Barat, dengan segala kemampuan, sudah barang tentu pihaknya akan segera membantu persiapan menuju Tingkat Provinsi NTB. Sebagai langkah taktis, yang paling esensi yakni membuka agenda dengan menggeliatkan gotong royong di semua wilayah kerja yang tersebar di sembilan dusun untuk menghidupkan giat bersih bersih.

Demikian ditegaskan Keoala Desa Kuripan Hasbi saat di wawancara di ruang kerjanya Kamis, 17/9/20.

Giat bersih bersih jelas Hasbi, akan diberlakukan disemua penjuru tingkat RT. bwaginya, dengan memaksimalkan kebersihan dari bawah, menjadi agenda utama untuk menuju lomba sehat tingkat Provinsi yang mumpuni. Untuk itu, sebanyak 33 RT yang tersebar di desa nya, akan dilombakan dengan merebut hadiah menarik. Dengan begitu, konsep lomba sehat ini semua terlibat dalam mendukung keberhasilan  dalam lomba yang dimaksud.

"Gotong royong dengan aksi bersih bersih ini kami galakkan di kalangan masyarakat. Sebagai penyemangat, Pemdes menyiapkan hadiah surprise. Saya meyakini bahwa, dengan salah satu langkah ini, menjadi sangat efektif untuk bisa merebut harapan ke tingkat selanjutnya," ujarnya.

Selain itu, dalam menghadapi lomba tingkat provinsi ini, pihaknya juga membuat semacam program zero waste, dimana semua warga di dusun bergerak mengolah sampah yang tidak berharga menjadi bernilai ekonomi.
Untuk mengolah sampah plastik ini, pihaknya melatih semua dusun, bahkan sudah ada hasil produk mereka yang ditampilkan nanti di masing-masing dusun.

“Mulai besok, Kami gelar jumat bersih,” kata Hasbi.

Sebagai salah satu Desa yang berhasil merebut juara l tingkat Lombok Barat lanjut Hasbi, pun desa nya siap menjadi salah satu kampung MotoGP.
Helatan MotoGP disambutnya antusias, untuk itu, pihak desa mulai menyiapkan berbagai inovasi.

Salah satunya, Desa Kuripan Kecamatan Kuripan ini membuat kampung MotoGP. Konsep ini ini dibuat dengan melibatkan 50 seniman pelukis yang ada di wilayah Lombok. Para pelukis akan membuat lukisan pernak-pernik mural MotoGP. Disamping itu, akan dibuat replika lintasan balap dan motor yang dipakai pembalap dunia.

Kampung MotoGP ini tercetus karena warganya tak ingin ketinggalan dari even internasional tersebut. Meksipun gelarannya di Loteng, namun desanya yang berlokasi strategis karena berada di perbatasan dengan loteng membuatnya termotivasi.

“Untuk membuat kampung motoGP ini kami libatkan 50 lebih pelukis baik dari desa maupun luar. Itu nanti dilombakan dan memperbutkan hadiah,” jelas dia.

Sebagai daya tarik di kampung motoGP ini nanti, pihaknya akan melukis semua jalur masuk, tembok rumah warga dan jalan kampung serta di jalan utama wilayah Kuripan, bibuat oenuh dengan mural motoGP.

“Ini akan menjadi daya tarik saya kira nantinya,” ujarnya optimis.

Lebih lanjut dikatakan, untuk melukis kampung motoGP ini, pihaknya bekerjasama dengan pemda. Selain itu, pihaknya akan kerjasama dengan sponsor seperti perusahaan cat dan pihak terkait lainnya. Sebelum melukis rumah warga, pihaknya sudah musyawarah dengan RT untuk disampaikan ke pemilik.

“Nanti ini dilombakan, kemungkinan memperebutkan piala bupati dan uang, ini masih kami bahas,” jelas dia.

Saat ini sudah banyak peserta yang mendaftarkan diri ikut lomba melukis. Dan kepada peserta sendiri tidak dijenakan uang pendaftaran. Bahkan perlengkapan, mereka cukup membawa kuas (kampas) sedangkan bahan cat disiapkan desa. Selain lukisan, pihaknya akan membuat reflika motor GP dan sirkuit. Untuk membuat reflika ini pihaknya sudah menyiapkan segala hal yang dibutuhkan. Rencananya reflika ini akan dibuat di lapangan. Disamping itu, souvenir hasil kerajinan dan kuliner disiapkan disana.     
Pihaknya meyakini dengan adanya kampung motoGP satu-satunya di NTB ini akan mampu memberi daya tarik bagi pengunjung yang ingin menyaksikan perhelatan dunia tersebut.

"Silahkan kalau ada yang berminat tinggal mendaftarkan diri dan ini gratis ajaknya.

Pihaknya juga menawarkan lokasi wisata dan akan menjadi pilihan yang bisa dikunjungi pengunjung. Dimana sebelum mereka menonton MotoGP, pengunjung bisa berkunjung ke kuripan melihat lokasi wisata dan kampung Moto GP ini. Sehingga kata dia, hal ini akan mampu meningkatkan perekonomian warga sekitar. Dimana pihaknya mendorong semua warga agar rumahnya disiapkan sebagai tempat menginap pengunjung. (Ikhw@N)
Download
Kampung Sehat Kampung MotoGP, Desa Kuripan Tangkap Peluang Dengan Berinofasi

0 Response to "Kampung Sehat Kampung MotoGP, Desa Kuripan Tangkap Peluang Dengan Berinofasi "

Posting Komentar