Buka Suasana dan Warna Baru, Dispar Ajak Masyarakat Hidupkan Taman Kota



Lombok Barat (Insidelobar.com) - Hidupkan taman kota, Dinas Pariwisata Lombok Barat memberi suntikkan injeksi dengan menggelar pentas musik akustik sederhana. Gebrakan Dispar yang berhasil memukau kehadiran pengunjung ini yang ada pada saat itu, akan tapi yang paling esensi dalam gebrak pariwisata ini adalah untuk mengasah dan memotivasi kreasi masyarakat dalam menghadirkan suasana baru di temoat terbuka seperti taman Kota Giri Menang Lobar ini.

Kepala Dispar Lobar Saeful Ahkam mengutarakan, sejauh ini keberadaan taman ini hanya monoton saja dan tidak ada sejenis kegiatan semacam hiburan yang bisa menarik pandangan banyak mata. Padahal kata Ahkam, sejatinya Taman Kota bisa menjadi  wadah yang terbuka untuk berkreasi bagi anak-anak muda, terlebih kita yang ada di Lobar ini.

Sejauh ini Taman kita ini masih brlum berfungsi dengan baik. Apa lagi menyangkut hiburan. Terlebih Taman ini adanya di jantung Kota, sangat bagus untuk kita berdayakan dengan memberi warna dan suasana baru.

"Saya rasa pemda sanagta welcome, silakan saja digunakan dari pada minim pertunjukan, atraksi ataupun kreasi dari anak-anak muda maupun masyarakat Lobar yang ingin berunjuk perfome," ajaknya.

Sebagai motivasi, Dinas Pariwisata  menggelar pentas musik akustik sederhana untuk memberi "oksigen" kembali kepada taman yang rampung sekitar 7 tahun lalu ini agar bisa terang kembali suasananya.

"Ini cuma stimulan untuk masyarakat Lobar agar mereka mulai berkreasi dan menghidupkan kembali taman ini sebagai pusat kreativitas masyarakat Lobar," jelas dia.

Sementara, Kepala Bidang Seni dan Budaya Dispar Lalu Rifandani menuturkan, untuk keberlanjutan hidupkan taman Kota Giri Menang ini, prospek kedepan akan meluncurkan giat yang baru. Pihaknya berencana membuka pagelaran seni dan budaya yang ada di Lobar khususnya.

Nanti apapun kreasi yang ada, apa lagi pagelaran dan budaya yang menjadi kerifan local kita. Kemudian musik dan sejenis lainnya, jika kita angkat dan membuka dalam panggung, sudang barang pasti akan sangat menarik dan taman Kota Giri Menang akan hidup dan bercahaya kembali.

"Tidak hanya musik, kami maksudkan agar bisa menjadi ruang berkarya bagi seniman-seniman yang ada di Lobar. Kami akan mengundang sanggar-sanggar tari di Lobar untuk latihan di sini. Kelompok-kelompok Gendang Beleq, kelompok  zikir zaman, rudat dan lainnya kita fasilitasi tanpil ataupun sekedar latihan di sini, intinya bisa jadi ruang" tutur Dani.

Ia juga berharap selain sebagai panggung bagi para kelompok seni dan budaya, kegiatan-kegiatan yang dilakukan di Taman Kota Giri Menang ini bisa menjadi ajang promosi bagi masyarakat yang mempunyai sanggar, dan kursus kesenian yang ada di Lobar.

Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Lobar Bq. Yeni Ekawati mengatakan,  jika dari sejak diresmikan, Taman Kota Giri Menang seharusnya difungsikan sebagai pusat kreativitas generasi muda di Gerung Khususnya.

"Saya ingat saat masih di Camat Gerung, taman kota ini akan dimanfaatkan untuk generasi muda, anak-anak sekolah yang ada di Kecamatan Gerung, kemudian dilanjutkan ke sekolah-sekolah yang ada di Lobar," cetus Yeni yang kebetulan juga menggelar razia masker di taman kota Giri Menang sebagai usaha pencegahan penularan Covid 19 memberikan.

Mantan Camat Narmada ini menambahkan jika kegiatan seperti ini seharusnya tetap diadakan dan jangan sampai dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab dan menjadikan taman ini sebagai tempat berbuat hal-hal yang negatif. (Ikhw@N)
Download
Buka Suasana dan Warna Baru, Dispar Ajak Masyarakat Hidupkan Taman Kota

0 Response to "Buka Suasana dan Warna Baru, Dispar Ajak Masyarakat Hidupkan Taman Kota"

Posting Komentar