Desa Jagaraga Salurkan BLT - DD Tahap lll Untuk 369 Penerima Manfaat

Sosok Seorang Iskandar, plt Kades Jagaraga Yang Terlihat Dekat dan Akur Dengan Warga Sembari Menunggu Proses Penyerahan BLT



Lombok Barat (Insidelobar.com) - 
Pemerintah Desa Jagaraga  Kecamatan Kuripan Lombok Barat, melaksanakan penyerahan bantuan langsung tunai  Dana Desa (BLT-DD) tahap lll tahun anggaran 2020. Penyerahan BLT tersebut praktis membludak. Ratusan masyarakat penerima manfaat berdatangan namun dianjurkan untuk harus mengikuti protokoler kesehatan yaitu mengenakan alat pelindung diri seperti masker.
Plt Jades Jagaraga Iskandar

Plt Desa Jagaraga Iskandar  memaparkan, terkait penyaluran BLT  -DD tahap lll sekarang ini yakni, pihaknya masih tetap menggunakan data lama dengan mengakomodir sebanyak 369 penerima. Data penerima ini sebelumnya dilakukan secara selektif untuk menghindari penerima ganda.

Nominal alokasi DD kita untuk penanganan bantuan terdampak covid ini hanya 35 persen dari nilai anggaran.  Terhadap tahap lll seperti sekarang,  221 juta lebih untuk bantuan BLT yang dimaksud.

"Kami berikan persatu orang 600 ribu dan jumlah ini harus utuh agar tidak boleh dipotong  dan tidak boleh dobel," tegasnya.

Berdasarkan acuan Pemdes kata Iskandar, jika nilai anggaran Dana Desa diatas 1,2 Miliyar akan dimbil 35 persen. Untuk itu, alokasi anggaran ini tetap harus jalan dan terarah. Sehingga peruntukannya benar benar mengenai sasaran bagi penerima manfaat.

"Prioritas kami adalah mengutamakan kesejahteraan masyarakat terhadap bantuan yang ada dan ini adalah yang ke tiga Kali. Alhamdulillah semuanya berjalan aman tanpa ada hambatan," ujarnya

Mengenai tahap yang 300 ribu lanjutnya, tetap akan dieksekusi, hanya saja masih menunggu semacam edaran dari Pemdes sebagai payung hukum dan kita masih menunggu itu.

"Intinya tetap kami eksekusi, karena bagaimanapun uang masyarakat tetap kembali ke masyarakat.

Dia mengemukan, untuk BLT - DD sudah terlaksana semua dan terselesikan. Namun untuk BST baru dua Kali, NTB Gemilang baru dua kali, kemudian bantuan non program (Red-KKS) baru dua Kali dan terakhir untuk JPS Mantap, jika tidak ada halangan, besok hari Ribu akan diselesikan.

"Kami dapat jatah sebanyak 404 KK dari JPS Mantap in ," ungkapnya.

JPS mantap yang baru pertama dan besok yang kedua kali. Rencana kita, sebelum dibagi bantuan ini terlebih dahulu akan diperiksa kualitasnya apakah sesuai kelayakannya atau seperti apa.

"Besok pagi kami akan melakukan pembagian kartu penerima melalui Bumdes," terang dia.

Kalau disimpulkan dari jenis bantuan ini, peruntukannya hampir merata. Mungkin hanya beberapa persen masyarakat saja yang tidak dapat dan itupun kategori orang Kata, orang punya tanah dan PNS.

"Kami hanya menjalankan amanah KPK juga karena tidak boleh orang kaya dapat bantuan," imbuh dia.

Menyangkut PAD kata Iskandar, pihaknya akan mengambil langkah sederhana. Sebab, pihaknya akan bersinergi dengan pihak BPD, tokoh masyarakat yang ada di Jagaraga. Jika ada keuntungan dari hasil Bumdes, pihaknya bersepakat untuk dijadikan PAD Desa.

"Kalau ada keuntungan kami jadikan PAD Desa," pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas DPMD Lombok Barat Lalu Edy Sadikin menjelaskan, penyaluran BLT-DD Tahap lll di Lombok Barat sejauh ini baru terdapat 15 desa. Dipastikan hingga diakhir bulan Juli mendatang, sebanyak sisa dari desa yang ada, dapat terselesikan.

"Desa yang lain masih tengah berproses. Namun hal ini akan tetap tersalurkan hingga selesai," ujarnya.

Sedangkan penyaluran tahap lll sudah mencapai 108 Desa yang selesai. Tinggal sisa yang masih 11 desa, dalam sepekan kemudian semuanya klir dan tidak ada lagi, singkatnya. (Ikhw@N)
Download
Desa Jagaraga Salurkan BLT - DD Tahap lll Untuk 369 Penerima Manfaat

0 Response to "Desa Jagaraga Salurkan BLT - DD Tahap lll Untuk 369 Penerima Manfaat "

Posting Komentar