Tim Gugus Tugas Kecamatan Lembar, Tinjau dan Bagi Parcel Di Dua Puskesmas



Lombok Barat (Insidelobar.com) - Tim Gugus Tugas Kecamatan yang didampingi dua OPD melakukan langkah taktis sebagai percepatan penanganan Covid-19 di wilayah Kecamatan Lembar Lombok Barat.
Sebagai promotif dan preventif yang dimaksud, turun langsung menyumbang logistik berupa masker, Buah dan Kurma kepada dua puskesmas Eyat Mayang dan Jembatan Kembar bagi para tenaga medis, tim kecamatan juga memberikan kain kepada semua desa di wilayah setempat untuk membuat makser.

Tim kecamatan terdiri dari Camat Lembar, Hasanudin, Kapolsek Lembar Ipda Boy Ari Purnomo, Danposramil Lembar bersama kepala Disperkim HL Winengan dan Kepala Dispora Maad Adnan membagikan masker, buah dan Korma kepada tenaga medis di Puskesmas Eyat Mayang yang langsung diterima oleh kepala UPT BLUD puskemas Akmal Rosamali. Selanjutnya Tim menyerahkan logistik ke puskesmas Jembatan Kembar, Agus Trisutrisma dan petugas medis setempat. Disela-sela turun ke puskesmas ini, tim gugus dipimpin HL Winengan rapat bersama para Kades dari wilayah Lembar di kantor camat setempat Senin, 20/4/20.

Camat Lembar Hasanudin mengatakan,  kegiatan pemberian bantuan oleh tim Gugus Kecamatan bersama Forkopimcam disuport OPD yang mendampingi merupakan bentuk dukungan dan motivasi kepada tim medis di dua puskemas tersebut. Dengan Tim Gugus turun diharapkan bisa memberi motivasi bagi puskemas.

"Karena mereka digarda terdepan menangani warga, dengan kami turun ini diharapkan menjadi motivasi bagi mereka," ujarnya.

Di Kecamatan Lembar sendiri lanjut Hasanudin, hingga hari ini statusnya masih zona hijau dan tidak ada kasus positif. Namun demikian, terdapat sembilan klaster Goa yang ditangani. Empat orang diantaranya reaktif menurut hasil tes.

"Sekarang tinggal warga klaster Goa yang reaktif menurut hasil Rapid Tes wilayah Lembar. Insya Allah kondisinya makin membaik," ungkapnya.

Pihaknya pun terus berkoordinasi dengan desa untuk sosialisasi penanganan warga klaster luar daerah untuk memutus mata rantai. Termasuk pihaknya turun melakukan imbauan kepada masyakarat yang belum mematuhi fatwa MUI terkait pelaksanaan jumatan.

"Nanti kami akan libatkan MUI untuk turun memberikan penguatan pemahaman masyarakat di desa desa. Dengan cara pendekatan persuasif, insya Allah bisa," pungkasnya.
Kepala puskesmas Jakem Agus Sutrisman

Kepala puskesmas Jakem Agus Sutrisman mengatakan, kita mengapresiasi Tim kecamatan yang sudah meninjau model penanganan pemeriksaan pasien yang terindikasi terpapar Covid-19. Mengenai penanganan, masih terdapat kendala yang dihadapi yakni diantara warga yang kurang jujur dalam hal riwayat perjalanan. Pihaknya pun terus melacak mereka.

"Sejauh ini ada sembilan eks Gowa, dari hasil Rapid tes ada empat warga reaktif," ungkapnya.

Lebih lanjut kata Agus, pihaknya masih  terdala masalah APD. Untuk kebutuhan tiga bulan kedepan masih kurang. Pihaknya hanya memiliki stok untuk kebutuhan sebulan kedepan.

"APD yang tersisa sekitar belasan unit," jelasnya.

Untuk penanganan warga dari luar daerah pun dipisahkan tempatnya. Pihaknya menyiapkan tenda khusus penanganan warga dari luar daerah. Pihaknya akan mendapatkan APD yang tidak lengkap dari komunitas di wilayah Mataram.

"Kami tetap mengutamakan phisical distancing setiap ada pemeriksaan," terang Agus.

Terkait fasilitas dan mobilitas, kita siapkan satu unit ambulance untuk mempercepat penanganan pasien imergence. (Ikhw@N)
Download
Tim Gugus Tugas Kecamatan Lembar, Tinjau dan Bagi Parcel Di Dua Puskesmas

0 Response to "Tim Gugus Tugas Kecamatan Lembar, Tinjau dan Bagi Parcel Di Dua Puskesmas "

Posting Komentar