Realokasi Anggararan 60 M, Pemkab Libatkan Tim Ahli dan Akademisi


Sekda Lombok Barat Dr. H. Baehaqi Saat Diperiksa Suhu Badan

Lombok Barat (Insidelobar.com) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lombok Barat akan menyiapkan anggaran Rp60 miliar untuk penanganan Covid-19. Jumlah itu merupakan hasil yang akan direalokasi dan refocusing anggaran pembangunan daerah yang ditunda pelaksanaannya.
Sekda Lombok Barat H. Baehaqi menyebutkan, anggaran yang pelaksanaannya dipandang kurang perlu, menjadi diarahkan untuk penanganan Covid-19. Pun
hal ini juga sebagai tindak lanjut dari keputusan Pemerintah Pusat yang meminta daerah mengalokasikan anggaran khusus penanganan Covid-19.

“Anggaran dari DAK (dana alokasi khusus) maupun DAU (dana alokasi umum) akan di-refocusing," ujarnya.

Terkait dengan peruntukan aitem realokasi anggararan 60 Milyar lanjut Mantan kepala Bappeda ini, sudah jelas dari Peraturan Menteri Keuangan (PMK) sebagai payung hukum untuk penyesuaian alokasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), Dana Alokasi Umum (DAU), dan Dana Insentif Daerah (DID).
H. Baehaqi

"Baru baru kemarin kita koordinasi dengan Pusat bahwa kita diminta merasionalisasi DAU sebesar 10 persen," jelasnya.

Pastinya, Pemda dalam hal ini akan realokasi anggaran daerah untuk mendukung kebijakan pencegahan dan penanganan Corona Covid-19.
Ini kita kerjakan dulu, setelah selesai nanti, sesuai dengan arahan Permendagri, PMK, kemudian Inpres  baru kita beritahukan ke DPR

"Pastilah kita libatkan DPRD nantinya. Sebagai langkah percepatan, kita kerja dulu. Tetap ada koordinasi, toh juga yang menjadi Wakil Ketua dalam gugus Tugas ini adalah Ketua Dewan," ujarnya.

Mengenai penggunaan anggaran dan lainnya sedang kita susun baru kita sampaikan ke Dewan.
Terkait dengan gugus tugas ini terdapat tim ahli dan akan melekat SK kepanitiannya di Bappeda dan melibatkan para akademisi, yang terdiri dari tim ahli ekonomi, pertanian dan psikologi, pungkasnya. (Ikhw@N)
Download
Realokasi Anggararan 60 M, Pemkab Libatkan Tim Ahli dan Akademisi

0 Response to "Realokasi Anggararan 60 M, Pemkab Libatkan Tim Ahli dan Akademisi"

Posting Komentar