Pertahankan Zona hijau, Geliat Desa Kuripan Promotif dan preventif


Lombok Barat (Insidelobar.com) - Geliat Tim Gugus Tugas Desa Kuripan, perkuat himbauan dan edukasi pencegahan penyebaran Covid 19. Kali ini satuan gugus tugas menyasar pasar tradisional yang ada di wilayah setempat sebelumnya telah berkoordinasi dengan Kecamatan Kuripan. Sinergitas Bhabinkamtibmas, Bimaspol dan Komunitas Relawan Desa ini juga menyampaikan secara tegas
agar semua warga baik local maupun di luar Desa Kuripan serta kepada pembeli  untuk tetap mengutamakan kebersihan dan menggunakan alat pelindung diri seperti masker.

Selain itu Tim Gugus Tugas menghimbau dan menekankan kepada seluruh para pedagang di luar Kuripan agar menghentikan aktivitas dagangan untuk sementara waktu hingga sampai kondisi kapan kembali normal.

Kepala Desa Kuripan Hasbi menegaskan, kebijakan ini menurutnya kemudian masih normatif, untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya penularan virus di Lombok  Barat terutama di wilayah Kuripan. Sebab wilayah Kuripan sejatinya harus dapat pertahankan posisi kawasan zona hijau sehingga terhindar dari zona merah. Kita targetkan Kuripan tetap menjadi zona hijau.

Hal ini tentu ingin memberikan dan menyuguhkan yang terbaik untuk masyarakat agar di tengah kondisi pandemi seperti ini tetap dalam kondisi kondusif dan tetap terjaga. Salah satunya menyetop dulu aktivitas jualan terhadap warga yang di luar Kuripan untuk sementara sampai dalam batas waktu yang tidak ditentukan.

"Kebijakn ini hanya diberlakukan khusus hari pasaran yakni di hari Rabu saja," tegasnya Rabu (15/4/20).

Lebih lanjut kata Hasbi, pihaknya ingin memperkuat peran Tim Gugus Tugas Desa Kuripan guna memberikan keyakinan kesehatan masyarakat terhadap tindakan pencegahan penyebaran virus Covid-19. Kita ingin berbuat agar langkah desa dapat menjalankan peran promotif dan preventif.

"Desa kami harus secara aktif melakukan kegiatan edukasi, himbauan  terhadap promotif dan preventif untuk masyarakat," ujarnya.

Khusus kepada pedagang lokal lanjut dia, pihaknya menekankan agar tetap mengutamakan kebersihan serta tetap menggunakan alat pelindung diri seperti menggunakan masker, karena sangat penting. Kemudian meminta  kepada Dispenda melalui kepala pasar untuk menyediakan wadah sebagai pencuci tangan bagi penjual dan pembeli.

"Kami sudah koordinasi dan akan disediakan wadah untuk pencuci tangan di empat titik sekitar pasar khusus pedagang dan pembeli," ungkapnya.

Sebagai wilayah zona hijau paparnya, dengan kekuatan satuan tugas yang ada, pihaknya akan tetap bersikukuh untuk mempertahankan dengan semaksimal mungkin. Namun demikian terangnya,   syukurnya warga kita disini sudah terbentuk kesadarannya dan itu sangat kuat. Mereka dengan berinisiatif sendiri dengan menutup akses masuk bagi  orang luar dengan menutup palang pintu. Langkah pembatasan sosial ini asumsinya bisa menghapus kemungkinan indikasi terhadap jalannya virus yang menjangkit.

"Warga Kuripan  sudah mulai berinisiatif berlakukan pembatasan sosial dari jam ll malam hingga pagi. Sejumlah Dusun di Desa kami sudah mulai menyetop dengan menutup palang," jelas Hasbi.

Tidak itu saja, tindaklanjut himbauan Bupati hari lalu bahwa, kepada warga sekitar Kuripan tetap eksis memberikan himbauan dan ajakan untuk menerapkan hidup bersih melalui Takmir Masjid setiap hari dalam lima waktu shalat.

"Upaya upaya ini berbagai macam dilakukan. Ini sekaligus menjadi momentum memperkuat upaya promotif dan preventif secara keseluruhan pada masyarakat," tegasnya.

Terkait bantuan jelas Hasbi, pihaknya akan mrmbagikan sembako kepada 60 orang warga yang terisolasi.

Terkait bantuan kata Hasbi, pihaknya akan menyebarkan bantuan sembako terhadap 60 orang warga yang terisolasi dalam waktu dekat. Bantuan ini akan diberikan selama 12 hari yang dialokasikan dari Dana Desa (DD). Jumlah ini dikali 50 ribu perhari yang akan diantarkan langsung oleh satgas Desa di masing masing dusun yang berhak.

"Bantuan sembako berupa beras, minyak goreng, mie instant dan lauk pauk besok atau lusa. Kami khususkan bagi yang di isolasi mudaha ini bisa bermanfaat. (Ikhw@N)
Download
Pertahankan Zona hijau, Geliat Desa Kuripan Promotif dan preventif

0 Response to "Pertahankan Zona hijau, Geliat Desa Kuripan Promotif dan preventif "

Posting Komentar