Gerak Peduli Sosial, Alumni MAN 95" Bagi Bagi Masker dan Hand Sanitizer

Dompu (Insidelobar.com) - Paguyuban Alumni MAN 95 Kandai ll Dompu,  bentuk aksi bagi bagi ratusan lembar masker kain. Gerakan peduli bakti sosial ini sekaligus memberikan edukasi dan menyadarkan masyarakat agar terbiasa mengenakan masker, sehingga memperkecil potensi merambahnya penyebaran virus corona.

Aksi berbagi ini, menyasar tiga lokasi yang berbeda yakni di perempatan cabang Ginte, perempatan Cakre serta di cabang Koramil lampu merah. Namun demikian pola pembagiannya mengutamakan pembatasan physical distancing.
Praktis, 600 lembar masker dan sejumlah hand sanitizer habis tersebar diantara antusias masyarakat Minggu, (19/4/20).

Ketua Paguyuban Alumni MAN 95 Khaerul Anwar S. Ag memaparkan, aksi Ini termotivasi dari sosialitas paguyuban alumni kita untuk memberi dan mengedukasi masyarakat secara umum tentang pentingnya langkah pencegahan terhadap penyebaran virus corona ini. Salah satunya sebagai upaya preventif dengan cara menyiapkan diri agar masyarakat senantiasa mengenakan masker, membiasakan diri mencuci tangan dengan menggunakan sabun serta langkah yang lainnya.

"Yaah paling tidak masyarakat membuka diri dan sadar mengikuti anjuran pemerintah tentang pola pencegahan akan bahaya dan ancaman Covid-19 ini. Ini kan menyangkut keselamatan bersama," ujarnya.

Secara teknis lanjut Khaerul, mengenai pembagian masker dan hand sanitizer ini kita gunakan pola physical distancing untuk menghindari kerumunan dan kemacetan dengan cara, tidak menghentikan pengendara di jalan, tetapi mereka sendiri yang berinisiatif mendatangi di pinggir jalan untuk mendapatkan alat pelindung diri dari kita.

"Insya Allah sebisa mungkin kita atur jarak kendraan satu dengan yang lainnya. Nyari aman saja sih," kesan dia.

Sementara, koordinator Nurul Fitri S. Ag mengatakan, gerakan berbagi masker dan hand sanitizer ini diaktualisasi bersama paguyuban alumni MAN 95. Dimana merujuk hasil perkembangan penyebaran covid-19 khususnya di Dompu mulai mengkhawatirkan. Untuk itu, kita ingin bergerak dan mendorong kesadaran masyarakat melalui bakti sosial ini agar mulai sekarang merubah perilaku dengan cara membiasakan masyarakat agar selalu menggunakan masker baik di rumah maupun saat bepergian menggunakan kendaraan.

"Meski ini kecil, minimal kami berbuat kebaikan dengan langkah berbagi dan memberikan edukasi. Semoga ini bisa menggugah kesadaran kita bersama," ujar pejabat penyuluh agama fungsional di Kemenag Kabupaten  Dompu ini.

Lebih lanjut kata wanita berjibab ini, terkait sujumlah Alat Pelindung Diri (APD) yang dibagikan tersebut, merupakan hasil penggalangan dana khusus alumni MAN 95. Berangkat dari inisiatif dan sosialitas bersama, sehingga gelar bakti sosial ini bisa terlaksana sebagai wujud peduli terhadap dampak perambahan covid agar bisa terpotong akses penyebarannya.

"Sebanyak APD yang terkumpul, kami bagikan 600 lembar masker kain dan sejumlah hand sanitizer sudah tersalurkan," ungkap Nurul Fitri.

Aksi ini kita tidak hanya berbagi, namun juga memberikan edukasi kepada pengendara. Dengan masyarakat semakin teredukasi, semakin banyak yang bisa menjaga diri untuk tetap di rumah bersama keluarga, agar laju kembangbiaknya wabah covid ini dapat dikendalikan.

"peran ini bukan peran medis dan pemerintah saja, akan tapi peran masyarakat seluruhnya," pungkas ibu tiga anak ini.

Pembina paguyuban alumni MAN 95 Sukardin menyebutkan, melihat perkembangan situasi dan kondisi pandemi Covid-19 saat ini, nampaknya menjadi referensi bagi kita semua. NTB secara umum, lebih dari 40 orang pasien positif Covid-19 ini. Sedangkan, Kabupaten Dompu khususnya, terdapat 1 pasien PDP meninggal dunia dengan hasil Swab positif. Jumlah PDP sebanyak 11 orang, 9 orang sembuh dan 2 orang masih dalam pengawasan dan dalam kondisi baik. Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahmya 86 orang, 48 orang diantaranya masih dalam pemantauan dan 38 orang selesai pemantauan.

"Ini artinya kita di Dompu butuh kesadaran yang kuat untuk meningkatkan kewaspadaan dengan perkuat langkah pencegaham semacam ini," ungkap dia.

Dalam kesempatan ini kata anggota BIN Kabupaten Dompu ini, Diharapkan kepada masyarakat agar lebih mengutamakan kesehatan dan menjadi pelopor keselamatan bagi keluarga dan masyarakat secara meluas agar terhindar dari ancaman Covid-19.

"Semoga pandemi Covid ini segera lekas tereliminir dan berlalu selamanya, " tutupnya. (*)
Download
Gerak Peduli Sosial, Alumni MAN 95" Bagi Bagi Masker dan Hand Sanitizer

0 Response to "Gerak Peduli Sosial, Alumni MAN 95" Bagi Bagi Masker dan Hand Sanitizer "

Posting Komentar