Desa Babussalam Galakan Isolasi Mandiri





Lombok di Barat (Insidelobar.com) - Mencegah penyebaran Covid - 19 di wilayah Desa, Tim Gugus Tugas dan Pemdes Babussalam melakukan Isolasi Mandiri Terbatas selama dua malam, yaitu Jum'at-Sabtu,  10-11/4/2020 esok hari.
Isolasi Mandiri Terbatas tersebut akan diefektifkan dengan penjagaan di empat titik masuk, diantara Perbatasan Desa Babussalam. Perketat penjagaan tersebut, Tim Gugus Tugas akan melakukan pemeriksaan kepada siapapun yang keluar-masuk di wilayah Desa Babussalam.

Jika ada orang melewati penjagaan, maka tindakan Tim Gugus Tugas akan mengarahkan untuk kembali ke rumahnya masing-masing. Tidak hanya itu, untuk membatasi aktivitas warga, seluruh penerangan jalan umum akan dimatikan.

Kepala Desa Babussalam M. Zaini dalam arahannya memaparkan, giat Isolasi Mandiri Terbatas ini termotivasi setelah melihat situasi dan kondisi saat sekarang terhadap semakin  signifikannya penyebaran wabah covid  19. Namun demikian, berangkat dari inisiatif bersama pemerintah desa, menggagas rencana dan strategi untuk menangkal masuknya virus yang memtikan ini.

"Kami sudah rencanakan sejak tiga minghi lalu dan berharap Isolasi Terbatas Mandiri ini bisa berlaku dalam skala besar, seperti melibatkan desa dan kelurahan se-Kecamatan Gerung," pinta Zaini.

Pandemi covid 19 ini sungguh sangat mengkhawatirkan bagi siapapun kita saat ini. Untuk itu, kita akan terus hadir untuk menjaga situasi sekarang dengan melibatakan stakeholder terkait seperti Tim Gugus Tugas dan lainnya. Sehingga dalam giat isolasi ini juga, akan disertai dengam penjagaan di setiap pintu masuk diantara perbatasan.

“Semoga langkah antisipatif seperti ini
bisa dilakukan oleh kita semua secara bersama sama dan wabah ini segera berlalu adanya," pungkas Zaini.

Sementara, Kapolsek Gerung Saripudin juga menyambut gembira dan mengapresiasi strategi Pemerintah Desa Babussalam.

"Ini sangat membatu kami dari pihak kepolisian dan TNI. Nanti saya harapkan kepada teman - teman yang akan bertugas di Pos penjagaan agar menggunakan perlengkapan seperti masker dan juga harus menjaga jarak," pesannya.

Dalam proses penjagaan nanti, Kapolsek menegaskan akan melibatkan para relawan yang berasal dari daerah tempat penjagaan, agar kemudian daoat lebih mengenal siapapun yang akan diperiksa.

"Kalau ada orang dari luar, kita akan bantu  personil di setiap posko penjagaan. Saya lihat Desa Babussalam ini sangat responsif dalam berbagai hal dan selalu siap," singkatnya.


Terpisah, H. Baehaqi mengapresiasi inisiatif masyarakat yang melalukan berbagai kegiatan secara mandiri untuk pencegahan penyebaran Covid 19.

"Hal yang membanggakan adalah masyarakat yang mengambil inisiatif. Jam malam misalnya, pihak Desa dan Kecamatan yang memulai. Kita di kabupaten memantau dan membantu," ujar Baehaqi.

Tapi yang terpenting imbuh dia, pembatasan sosial ini harus digalakkan oleh desa, karena itu dianggapnya efektif untuk mengurangi resiko penyebaran.

"Saya salut sama desa yang mempunyai bakat strategi seperti ini. Kalau bisa, ada desa lain yang ikut berinisiatif menggalakan strategi semacam ini," kesannya. (Ikhw@N)
Download
Desa Babussalam Galakan Isolasi Mandiri

0 Response to "Desa Babussalam Galakan Isolasi Mandiri "

Posting Komentar