Belajar Di Rumah, SMPN 4 Kuripan Terapkan Sistem Daring


Kepala SMPN 4 Kuripan Hanafi SPd

Lombok Barat (Insidelobar.com) -
Kebijakn pemerintah daerah meliburkan sekolah ditingakt SD, SMP di wilayah Lombok Barat menjadi sebuah keharusan untuk langkah preventif terhadap penyebaran Covid-19. Sebagia solusinya, pembelajaran di sekolah diganti dengan pembelajaran Dalam Jaringan (Daring), atau akrab disebut online.

Penerapan pembelajaran online atau dalam jaringan (daring) ini menuntut kesiapan dan sinergitas dari Dinas Pendidikan, pihak sekolah maupun dari peserta didik sendiri.
Salah Seorang Guru Yang Tengah Memberikan Tugas Ke Siswa Melalui Aplikasi Whatsapp Terkait Materi Mata Pelajaran 

Kepala SMPN 4 Kuripan Hanafi SPd mengatakan, dalam menerapkan implementasi edaran pemerintah daerah terhadap pencegahan penyebaran ancaman virus corona arau covid-19, pihaknya memberlakukan kegiatan aktif belajar di rumah bagi para siswa yang ada. Dengan begitu, sebagai wujud pendidikan yang memadai, pihaknya maksimalkan dengan media Daring.

"Dengan belajar di fumah, siswa dituntut untuk aktif, dimana saja dan dengan siapa saja," tegasnya Rabu, (9/4/20) di ruang kerjanya.

Lebih lanjut Hanafi memaparkan, program tersebut sengaja dilakukan untuk memberikan materi secara langsung kepada siswa yang belajar di rumah. Dalam pola pembelajar Daring menurutnya, pihak sekolah menyediakan materi soal pada setiap mata pelajaran yang di buat oleh masing masing guru untuk diberikan secara langsung melalui group online via Whatsapp untuk siswa kekas Vll, Vlll dan kelas lX.

"Terhitung sejak diinstrusikan atau diberlakukan Surat Edaran (SE) tentang pembelajaran di rumah melalui Daring, kami tetap melaksanakan arahan dan kebijakan yang diatas.

Namun harus diakui imbuh dia, bahwasannya sebanyak murid yang ada, masih terdapat sejumlah siswa yang tidak memiliki perangkat android. Untuk itu keterbatasan siswa tersebut dianjurkan untuk mengumpulkan laporan kegiatan belajarnya dengan mengantarkan di sekolah maupun di rumah guru yang bersangkutan.

"pokoknya setiap hari, masing masing siswa diharuskan untuk mengirim balik laporan tugas pembelajaran di group atau ke guru," ujarnya.

Dari semua laporan kegiatan belajar di rumah kata dia, akan menjadi penentu kenaikan kelas bagi siswa kelas Vll dan kelas Vlll kemudian menjadi pemberian nilai kelulusan.

"Kalau kami disini, kapan diberikan tugas dengan sistem online itu sepanjang kapan situasinya kembali normal, itu saja," ucapnya.

Makanya, di sekolah selalu diaktifkan jadwal piket bagi tiga orang guru dan tiga orang bagian tata usaha.

"Hanya kepala sekolah saja yang rutin masuk setiap hari. Karena Kepala sekolah sebagai koordinator nya. Makanya saya harus tetap aktif," tambahnya.

Pembelajaran di rumah bagi semua siswa yang ada diharapakan tetap semangat dan tetap belajar. Begitu juga kepada guru guru akan tetap eksis memberikan tugas pembelajaran bagi anak anak dan tetap tegar mengedapankan laporan yang di hasilkan.

"sebagai motivasi, siswa di rumah, tapi tetap semangat belajar," pungkasnya.
(Ikhw@N)


Download
Belajar Di Rumah, SMPN 4 Kuripan Terapkan Sistem Daring

0 Response to "Belajar Di Rumah, SMPN 4 Kuripan Terapkan Sistem Daring"

Posting Komentar