Wujud Pelaksanaan DD ADD, Desa Kuripan Utamakan Tanggungjawab dan Teknis



Kepala Desa Kuripan Hasbi Seusai Mengawasi Progres Pembangunan Gapura Kampung KB

Lombok Barat (Insidelobar.com) - Pihak Pemerintah Desa Kuripan mengapresiasi terkait dengan penekanan Bupati lombok Barat yang meminta, dana desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) harus benar-benar dipertanggungjawabkan.        Pertanggungjawaban tersebut mengingat sumber anggarannya dari APBD dan APBN sehingga menitik bertakan pada pertanggungjawaban. Selain itu Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid juga meminta Inspektorat agar melakukan audit di masing masing Desa.

Kepala Desa Kuripan Hasbi yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, dirinya sangat mengapresiasi penekanannya Bupati dalam hal ini menjadi motivasi bagi semua perangkat desa dan semua kepala Desa. Baginya, pertanggungjawaban terhadap pengelolaan DD dam ADD ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari pengelolaan keuangan desa dalam anggaram pembelanjaan desa.

Seluruh kegiatan yang didanai oleh ADD direncanakan, dilaksanakan dan dievaluasi secara terbuka dengan melibatkan unsur lembaga kemasyarakatan di desa.

"Makanya, terhadap seluruh kegiatan DD dan ADD, kami terutama di Desa Kuripan harus dapat tanggungjawab  secara administrasi maupun secara teknis," tegasnya Jumat (13/3/20).

Wujud dari program infrastruktur pembangunan terangnya, Pemerintah Desa Kuripan membangun Gapura Kampung KB Dusun Karang Rumak Desa Kuripan dan
rabat gang dengan panjang sekitar 300 lebih serta pembukaan jalan desa sepanjang 300 meter dan pembangunan lainnya.
Rabat gang ini terdapat di tiga Dusun sedangkan untuk pembukaan jalan baru dipusatkan di dua dusun.

"Khusus jalan baru butuh proses sebab ada pembebasan lahan didalamnya. Untuk itu dipastikan butuh kontribusi dan swadaya masyarakat sesuai peraturan undang undang desa," ugkapnya.

Masalah spesifikasi pengerjaan fisik lanjut Hasbi, pihaknya mengedepankan kualitas dimana semuanya memenuhi standar terutama tidak keluar dari koridor dan tetap mengacu pada petunjuk pelaksanaan teknis.

"Karena itu, kami persilahkan dari semua elemen  masyarkat untuk ikut mengawasi," ajaknya.

Di tahun ini lanjut Hasbi, sesuai Permendagri no 20 yaitu agar seluruh Kaur Desa diberikan ruang untuk mengelola dana tersebut. Setiap pencairan sudah diarahkan untuk membayar pajak, hal ini untuk menghindari jangan sampai ada yang tertunda se persen pun. Karena pada prinsipnya, setiap aitem program fisik akan melibatkan Kaur yang melaksanakan itu.

"Ini menjadi penekanan kami di desa Kuripan. Saya mengeluarkan uang jika ada pengajuan selaku kuasa anggaran," paparnya.

Menurut Hasbi, beberapa hal yang perlu diperhatikan sebagai indikator keberhasilan pelaksanaan program desa kata dia, yakni meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang DD maupun ADD dan penggunaannya secara transparan. Serta terjadi sinergi antara kegiatan yang dibiayai dengan program-progran pemerintah lainnya yang ada di desa.

"Jadi indikator keberhasilan program desa yaitu kami menyuguhkan transparansi terhadap segala penggunaan keuangan pada masyarakat," ujarnya.

Dikatakannya, terkait kelebihan anggaran ungkap dia, pihaknya pernah mengalami itu di tahun lalu dari sisa BHP karena keterlambatan. Dengan kelebihan itu, sekitar 16 juta. Namun karena itu silva, pihaknya mengembalikan ke APBdes untuk dianggarkan di anggaran perubahan.

"Jangan sampai ini menjadi temuan, langkah kami dengan anggaran sisa itu dijadikan silva, jelas dia.

Dengan adanya perhatian dan himbauan Bupati adalah menjadi motivasi untuk dapat diatensi terutama bagi desanya. Sebab arah pengadaan barang dan jasa melalui DD dan ADD ini sesuai petunjuk pelaksanaan teknis sehingga menghasilkan program desa yang berhasil.

"Saya sambut dan berterimakasih dengan motivasi Bupati sebagai Pemimpin Daerah dan mendukung arahannya meminta Inspektorat mengaudit ke masing-masing desa," tanggapnya. (Ikhw@N)
Download
Wujud Pelaksanaan DD ADD, Desa Kuripan Utamakan Tanggungjawab dan Teknis

0 Response to "Wujud Pelaksanaan DD ADD, Desa Kuripan Utamakan Tanggungjawab dan Teknis"

Posting Komentar