Sidak DPRD Lobar, Pastikan Rencana Lokasi Gedung SMPN 2 Gunungsari Tak Tepat Sasaran



Kalangan DPRD Lombok Barat Tengah Meninjau Penempatan Lokasi Gedung SMPN 2 Gunungsari


Lombok Barat (Insidelobar.com) - Menyusul rencana pembangunan Gedung sekolah baru, rombongan DPRD lombok Barat melakukan Inspeksi Mendadak (Sidak) di lokasi pembangunan Gedung SMPN 2 Gunungsari yang terletak di Dusun Lilir Desa Mekar Sari. Disinyalir, obyek pembangunan tersebut dinilai sangat tidak tepat sasaran karena topografi lahan itu lebih rendah dari pada badan jalan. Disamping itu, kondisi lokasi bersebelahan dengan sungai.

Sidak dipimpin langsung oleh Wakil Ketua DPRD Lobar Hj Nurul Adha dan Ketua Komisi IV H. Jumarti. Rombongan Dewan diterima langsung oleh Kepala SMPN 2 Gunungsari berserta para guru. Turut hadir saat kunjungan itu pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Lobar.

Wakil Ketua l Hj. Nurul Adha Muharrar S.Th.I sekaligus Ketua Koordinator Komisi lV menyebutkan, dalam menyikapi terkait rencana pemerintah akan membangunan SMP 2 Gunungsari yang terletak di Dusun Lilir Desa Mekar Sari, sangat tidak tepat sasaran.

Memastikan perihat tersebut, kita dari Komisi lV bersama pihak dikbud yaitu Plt Kepala Dinas dan Kepala Bidang Sarpras, melakukan Sidak di lokasi yang dimaksud. Pasalnya, lokasi tersebut tidak sesuai dan tidak layak karena melihat situasi yang kerap menjadi langganan  banjir.

"Hasil pantauan kami, lokasi ini tidak layak untuk menjadi obyek bangunan sekolah, sebab lokasi ini menjadi langganan banjir hampir tiap kali turun hujan. Kondisi ini juga yang menyebabkan puskesmas Penimbung direlokasi ke tempat baru," tegasnya.

Faktanya bahwa, lokasi tersebut obyeknya menyimpang karena posisinya berada di dataran rendah dan dibelakangnya sangat dekat sekali dengan sungai. Kondisi ini miris dan sangat berpotensi banjir.

Tetapi persoalannya adalah, jika kita mengusulkan agar pindah lokasi pembangunan SMP ini, banyak titik yang menjadi kendala seperti tidak adanya lokasi atau lahan yang tersedia,  kemudian belum adanya anggaran untuk itu. Sementara anggaran untuk pembangunannya saja yang sudah disiapkan oleh Pemda.

"Hasil dialog kami dengan Kepala Sekolah, Komite dan  wali murid bahwa mereka bersepakat untuk tetap di tempat itu. Meski sebenarnya lokasi ini tidak mendukung," ungkapnya.

Sesuai rencana, tinggi pondasinya nanti sekitar 1,2 meter dan menurut dia, ketinggiannya bagus.

"Catatan dari kami bahwa, harus tetap melibatkan Dinas PU dalam hal in untuk penataan sungai," tegasnya.

Sehingga dalam hal ini pemda harus cepat dan tepat melihat kondisi ini agar di anggaran perubahan mendatang,  harus masuk untuk usulan tanah uruk sebagai penimbunan serta talut dan penataan sungai supaya lokasi ini menjadi tinggi dan tidak bisa dijangkau oleh luapan banjir.

Sementara itu, Plt Dikbud Lobar, H Nasrun menerangkan, sesuai Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA), pembangunan Gedung sekolah sebesar Rp 1,4 miliar. Terdapat dua versi perencanaan pembangunan yang bisa dipilih nantinya oleh pihak sekolah.

“Kalau dari kesepakatan tadi, kalau mau bertingkat kita buat empat ruang dan kita tinggikan konstruksinya. Ketinggian pondasi itu 1,2 meter jadi tidak akan tersentuh dengan banjir,” jelasnya.

Pembangunan Gedung sekolah itu akan dimulai April mendatang dan ditargetkan bangunan itu akan jadi pada Agustus mendatang.
Sedangkan untuk pentalutan sungai, diakuinya belum ada dianggarkan. Sebab pihaknya hanya menggarkan untuk pembangunan Gedung sekolah. Meski demikian pihaknya akan berkonsultasi dengan dengan Bupati, Sekda dan DPR untuk kelanjutannya.

“Jadi kita banggun dulu pondasinya dengan tinggi 1,2 meter, halaman menyesuaikan dengan tanah uruk,” sambungnya.

Diakuinya pemilihan lokasi bekas puskesmas penimbun itu atas permintaan wali muritt. Lantaran lokasi tidak terlalu jauh dengan sekolah yang lama. Dan hampir sebagian murit berasal dari kawasan sekitar.

“Karena kalau kita pilih dilokasi yang jauh khawatirnya anak-anak jauh pergi sekolahnya dan tidak mau ditempati,” pungkasnya. (Ikhw@N)
Download
Sidak DPRD Lobar, Pastikan Rencana Lokasi Gedung SMPN 2 Gunungsari Tak Tepat Sasaran

0 Response to "Sidak DPRD Lobar, Pastikan Rencana Lokasi Gedung SMPN 2 Gunungsari Tak Tepat Sasaran"

Posting Komentar