Rencana Pemdes Kediri Selatan, Bangun Obyek Keramaian

Kepala Desa Kediri Selatan Edi Erwinsyah SH
Obyek Lahan Yang Akan Dikelola Untuk Tamn keramaian Berlokasi Di Belakang Kantor Desa

Lombok Barat (Insidelobar.com) - Berdayakan obyek wisata desa, pemerintahan Desa (Pemdes) Kediri Selatan melakukan pemberdayaan dan pembangunan Taman Desa sebagai tempat keramaian. Tidak hanya itu, sebagai penunjang kenyamanan masyarakat, Pemdes berencana akan melaksanakan pelebaran dan rabat jalan sepanjang 1 Km di jalan Kabupaten.

Kontribusi anggaran melalui Pokok Pikiran (Pokir) aspirasi Dewan Lombok Barat yakni Wakil Ketua I Hj. Nurul Adha Muharrar bergerak untuk Desa Kediri Selatan bertujuan mendorong dan penguatan ekonomi masyarakat dengan perdayakan Taman keramaian sebagai bentuk pemberdayaan destinasi wisata desa.

Kepala Desa Kediri Selatan Edi Erwinsyah SH mengatakan, rencana Pemdes Kediri Selatan sesuai apa yang menjadi visi dan misi bahwa, di tahun ke dua menjabat sebagai Kepala Desa, ingin lebih menggenjot peningkatan perekonomian masyarakat khususnya di bidang UKM. Salah satu caranya yaitu dengan membuat tempat atau wahana berkumpul bagi masyarakat untuk menyedot keramaian.

Sesuai rencana, di tahun 2020 ini pihaknya akan membangun Taman Desa sebagai ruang terbuka hijau bagi masyarakat untuk rehat dan beraktifitas yang bakal dikunjungi oleh banyak orang.

"Wahana ini menjadi akses bermain dan beristrahat serta berolahraga," ujarnya.

Khusus untuk taman desa ini lanjut Edi, akan di kerjakan lebih awal mengingat kesiapan dananya sudah siap tersedia.  Dana ini didapatkan dari Pokok Pikiran (Pokir) Dewan Lombok Barat yakni aspirasi dari Wakil Ketua l Hj. Nurul Adha.

"Saya sangat berterima kasih dengan Hj. Nurul Adha atas intervensi membangun dan memajukan desa. Insya Allah, setelah di bangun taman ini, wujud nyata dari rencana itu bisa mendatangkan keramaian, sehingga bermanfaat bagi masyarakat yang ada,"   syukurnya.

Kontribusi dari keberadaan taman ini pemberdayaanya di pakai untuk titik penjualan masyarakat dengan berbagai aneka ragam makanan dan minuman khas Lombok. Kita juga akan membuat dan membuka pasar kuliner di sekitar taman, sehingga praktis hal ini akan mengangkat peningkatan perekonomian masyarakat disini.

"Setiap pelaku UKM disini dapat berjualan nantinya. Sehingga kontribusi ekonomi masyarakat menjadi meningkat," yakinnya.

Sementara, untuk pasar kuliner nanti peruntukannya ke masyarakat. Mereka hanya membayar biaya kebersihan dan biaya pemeliharaan saja.

"Lokasinya nanti hanya satu titik dan berada di bantaran sungai. Embrionya sudah ada dan akan di buka setiap hari," imbuhnya.

Mengenai penyedian lahan kata dia, pihaknya sudah melakukan koordinasi bersama pihak aset kab.lobar untuk menggunakan tanah yang berada di belakang kantor Desa Kediri Selatan.

"Kami sudah coba ajukan permintaan melalui proposal dan sejak beberapa bulan lalu. Alhamdulillah kita sudah diberikan rambu untuk melaksanakan itu," terangnya.

Di lahan ini selain akan di bangunkan taman, akan tapi akan d bangun gedung olahraga. Karena gedung ini tidak hanya sebagai tempat berolahraga bagi pemuda, tetapi juga akan dimanfaatkan untuk acara acara warga misalnya seperti weading dan lainnya.

"Kami akan bentuk Wedding organizer WO yang akan di oegang langsung oleh teman pemuda, " jelasnya.

Kemampuan mereka kata Edi, sangat dibutuhkan oleh wedding organizer kerjasama serta kekompakan tim merupakan sikap yang harus dimiliki oleh setiap anggota wedding organizer. Karena itulah sifat terbuka dan mudah bergaul adalah kepribadian yang tepat untuk menjadi bagian dari tim wedding organizer.

Nanti akan dikumpulkan potensi yang dimiliki seperti yang memiliki kemampuan berfoto, dekorasi dan yang kompeten catering.

"Mereka bisa buat WO sendiri dan menggunakan fasilitas gedung serbaguna sebagai tempat," paparnya.

Terlebih di tahun ini sudah ada perencanaan jalan Kabupaten Kediri Selatan ini akan perlebar dan di rabat. Pelaksanaan pekerjaan ini anggarannya bersumber dari Pokir aspirasi dari Hj. Nurul Adha. Sehingga pengguna jalan ini merasa nyaman. Karena jalur ini sepanjang hari terutama sore hari sangat ramai di gunakan masyarakat.

"Insya Allah dengan di lebarkan jalan ini bisa membuat masyarakat nyaman," pungkasnya. (Ikhw@N)





Download
Rencana Pemdes Kediri Selatan, Bangun Obyek Keramaian

0 Response to "Rencana Pemdes Kediri Selatan, Bangun Obyek Keramaian "

Posting Komentar