Empat Kawanan Sindikat Pembobol ATM, Di Bekuk Polisi



Barang Bukti Yang Diamankan Polisi

Lombok Barat (Insidelobar.com) - Satpolres Lombok Barat berhasil menghentikan aksi kejahatan kelompok pelaku pembobol ATM di wilayah NTB dan sekitarnya. Kawanan pelaku antar lintas Provinsi ini, di bekuk saat hendak eksekusi pembobolan di kawasan Lombok Timur. Karena melawan, ke empat residivis berinisial JA,SA,RO dan AK ini dihadiahi timas panas tepat dibagian kaki.

Kapolres Lombok Barat (Lobar,red), AKBP Bagus S Wibowo, didampingi Kasat Reskrim Polres Lobar, AKP Dhafid Siddiq mengungkapkan bahwa informasi sementara ini, para tersangka sebelumnya telah melancarkan aksi membobolan Bank di sejumlah tempat yang ada di Provinsi salah satunya wilayah NTB.

"satu orang DPO yang perempuan,  sudah kita identifikasi namanya dan sampai saat ini sedang dilakukan pengejaran," ungkapnya saat memberikan preskonfrens yang digelar  di Mapolres Lobar, Jum'at (05/03/20)

Dikatakannya, Terdapat sekitar 11 ATM di wilayah Lobar yang telah dibobol, Diantaranya ATM di SPBU Nyurgading Kediri, dan ATM kawasan Senggigi. Dalam melancarkan aksinya, lanjut dia, para tersangka itu menggunakan modus operandi yang tersistematis, mulai dari yang bertugas memasang alat khusus lubang kartu ATM, kemudian bagian penawar jasa, operator dan lainnya.

Pada saat korban memasukan kartu ATM, kartu ATM yang telah masuk tersebut, seakan tertelan dan tidak bisa diambil. Barulah pelaku lain bertugas menjadi nasabah masuk dan meyakinkan korbanya menelpon nomor call center palsu yang ditempel di mesin ATM. Setelah korban menelpon itu, kemudian disambungkan dengan pelaku yang bertugas menjadi operator

"kami duga kuat bahwa perempuan DPO itu yang menjadi operatornya,"tegasnya.

Layaknya operator sungguhan, berbagai pertanyaan soal identitas korban pun dilontarkan. Termasuk nomer PIN ATM dari korban. Setelah semua data dikantongi pelaku, korban pun diarahkan untuk pulang. Barulah para pelaku itu beraksi menguras semua uang milik korbannya.

"Berdasarkan hasil penyelidikan, semetara ada 15 korban yang ada di wilayah Lobar. Kerugian korbanya bervariasi dari puluhan juta sampai ratusan juta,” pungkasnya.

Saat penangkapan, pelaku berusaha mekawan. Karena mekawan, polisi mengambil tindakan dengan melumpuhkan kawanan ini.

"Atas perbuatannya, para tersangka terjerat dengan pasal 363 dengan ancaman hukuman penjara diatas lima tahun," tegasnya.

Sementara, Kasat Reskrim Polres Lobar AKP Dhafid Siddiq menambahkan, terdapat salah satu korban melapor bahwa, ATM nya tiba tiba lenyap terkuras habis. Pada hal sebelumya korban memiliki tabungan senilai 192 juta namun, setelah di cek isinya bablas dan terkuras habis.

"Polisi melakukan penyelidikan dan mengecek sisi TV dan memang ada kelihatan empat terduga pelaka saat eksekusi bobol ATM," terangnya.

Saat ini lanjut Siddiq, berdasarkan pengakuan tersangka, mereka baru melakukan aksinya dia dua TKP yakni wilayah Senggigi dan Kediri.

"Saya menghimbau kepada para nasabah Bank umumnya, agar jikalau transaksi atau mau mengambil uang sebaiknya datang saja di pusat Bank untuk menghindari hal hal semacam ini," ajaknya.

Saat di interogasi, kepada otak tersangka mengaku,  telah beroperasi sejak dua tahun di sejumlah Provinsi.(Ikhw@N)
Download
Empat Kawanan Sindikat Pembobol ATM, Di Bekuk Polisi

0 Response to "Empat Kawanan Sindikat Pembobol ATM, Di Bekuk Polisi"

Posting Komentar