Strategi Genjot Siswa, Pihak SMP 5 Gerung Promosi Sekolah


Kepala SMPN 5 Gerung Julianto SPd

Lombok Barat (Insidelobar.com) -
Minimnya jumlah siswa di SMPN 5 Gerung, disayangkan pihak sekolah.
Pasalnya, jumlah siswa di sekolah ini dari tahun ke tahun semakin merosot.
Sekolah yang hanya menerima sedikit siswa pada setiap ajaran baru atau Penerimaan Peserta Didik Baru  (PPDB), menyayangkan kepada sekolah terdekat, adanya dugaan praktek di luar aturan zonasi ang tak bisa membatasi jumlah penerimaan siswa.

Kepala SMPN 5 Gerung Julianto SPd mengutarakan,
terkait sekolahnya yang minim jumlah siswa, diklaim kurangnya animo masyarakat yang mendaftarkan anaknya ketimbang sekolah lain. Padahal sebut dia, jumlah fasilitas sekolahnya tergolong unggul dan tak kalah saing dengan sekolah lain.

Dari segi akreditasi mendapat A dan ini menunjukan sekolah kita unggul. Kemudian strategis lokasi juga mendukung karena masih berada di wilayah Kota. Termasuk dari sejumlah kegiatan exstra kurikuler juga hidup begitu pula dengan kegiatan belajar mengajar.

"Makanya saya bingung. Ini artinya menjadi motivasi kami dalam menggalang kiat kiat baru ke depannya," ujarnya.

Kita ingin sekolah ini maju dan bisa dilirik kembali. Hal ini harus bisa diatensi. Apa sebenarnya yang menjadi kendala untuk dicari solusinya. Makanya kita ajak semua perangkat guru disini untuk berkumpul untuk mencoba menekan teman teman guru agar Proses Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) bisa lebih maksimal.

"Saya rasanya sangat sedih dengan kondisi ini. Jika melihat anak sekolah lain yang melewati depan sekolah kami. Mungkin kita bangun upaya upaya untuk ini," kesannya.

Dari segi fasilitas lanjut Julianto di SMP ini sudah lengkap. RKB nya cukup, laboratorium ada,
Komputernya tersedia, kemudian Perpustakaan juga ada.

"Semuanya lengkap bahkan dari segi prestasi memuaskan dan tidak kalah dengan sekolah lain," ungkapnya.

Menurutnya, sebagai langkah awal dari strategi sekolah yakni, pihaknya akan membangun hubungan silaturrahmi dan menjalin komunikasi dengan wali murid. Dalam membangun silaturrahmi, pihaknya akan turun langsung ke masyarakat terutama sekitar lingkungan yang banyak sumber murid.
Langkah ini se efektif mungkin dengan kesempatan yang ada sekaligus dengan melakukan promosi sekolah.

"Untuk ini kehumasan akan dihidupkan serta meningkatkan koordinasi dengan Komite. Bahkan upaya kami akan menghadirkan orang tua untuk datang ke sekolah kita," imbuh dia.

Baru baru ini pihaknya berkesempatan mengundang wali murid pada saat pembagian BSM. Pad kesempatan itu pula kita sosialisasi tentang sekolah ini," tambahnya.

Soal tentang zonasi kata dia, ingin mempertegas bahwa zonasi ini berada di tingkat Kecamatan. Mungkin kita kalah dengan SMP 1. Setidaknya SMP 1 juga bisa membatasi diri, bahwa ada sekolain lain di sekitarnya. Itu yang akan dicoba nanti kita komunikasi yang baik. Karena jumlah siswa pada saat PPDB harus ada batasan sebenarnya. Tentunya ini juga menyangkut masyarakat atau orang tua yang ngotot menyekolahkan anaknya ke sana, pungkasnya. (Ikhw@N)
Download
Strategi Genjot Siswa, Pihak SMP 5 Gerung Promosi Sekolah

0 Response to "Strategi Genjot Siswa, Pihak SMP 5 Gerung Promosi Sekolah "

Posting Komentar