Soal Sampah, Pimpinan DPRD Minta Mundurkan Kepala DLH


Wakil Ketua lll DPRD Lombok Barat Achmad Suparman
Lombok Barat (Insidelobar.com) -
Persoalan sampah masih menjadi momok di Lombok barat yang tak kunjung bisa ditangani. Alih-alih bisa ditangani, sampah menumpuk dimana-mana. Kondisi ini menyebabkan Pimpinan DPRD setempat berang. Lantaran tumpukan sampah tersebut berada di wilayah strategis yakni di pinggir jalan raya. Pimpinan dewan pun menilai kalau kepala Dinas Lingkungan Hidup tidak mampu menangani masalah sampah. Karena tak mampu menangani sampah, Kepala DLH pun diminta mundur dari jabatan.

"Kalau ndak mampu (tangani sampah) bilang saja, nanti kami usulkan ke pak bupati biar diganti," tegas Wakil Ketua DPRD Achmad Suparman.

Politisi PPP ini mengaku kecewa dengan kinerja DLH yang membiarkan sampah menumpuk di pinggir jalan di Kediri dan Bengkel serta banyak titik lainnya di Lobar. Ia pun mengaku memarahi DLH barulah tumpukan sampah di daerah Bengkel dibersihkan.  Ia mengatakan ke DLH, ia tak mau tahu lokasi tumpukan sampah harus dibersihkan.

“Saya omeh (marahi) mereka (DLH red),”tegas dia.

Lebih jauh kata dia, persoalan sampah ini tak pernah ada penyelesaian serius dari OPD terkait. Sehingga masalah sampah ini selalu dikeluhkan oleh warga.  Menurutnya tak ada iniovasi dari OPD terkait dalam penanganan sampah, sehingga yang dikedepankan hanya membuang sampah tanpa memikirkan bagaimana mengolah sampah. Sebaliknya selalu dikeluhkan soal armada kurang yang menjadi kendala, tanpa mencai solusi bagaimana mengatasi persaoalan ini.

“OPD ini miskin inovasi dalam menangani sampah,” kritik dia.

Dikonfirmasi terkait kritikan dewan ini, Kepala DLH lobar Budi Darmajaya mengatakan pihaknya terus bergrak menangani sampah.  Seperti di jalur Kediri, Bengkel dan beberapa titik lainnya. Terkait kritikan minim inovasi menangani sampah, menurut dia inovasi harus dibarengi dengan anggaran.

“Sekarang kita berinovasi, tapianggaran belum keluar bagaimana?,” jelas dia.

Yang jelas program inovasi dimulai tahun 2020. Pihaknya memprogramkan pembangunan 10 kecamatan dibangun TPS, TPST, TPST3R. Apalagi pihaknya mendapatkan bantuan dari pusat.

“Kendala kita cuman alat berat, kalau ada alat berat  satu saja, bersih semua,” ujar dia.

Selama pihaknya mensiasati dengan meminjam di Dinas PU. Sementara kalau manual tidak bisa maksimal penanganannya. (Ikhw@N)
Download
Soal Sampah, Pimpinan DPRD Minta Mundurkan Kepala DLH

0 Response to "Soal Sampah, Pimpinan DPRD Minta Mundurkan Kepala DLH"

Posting Komentar