Persiapan Hadapi UNBK, MAN 1 Lobar Gelar Simulasi UAMBN-BK dan UMBN


Kepala MAN 1 H. Nasrin Anggara Memberikan Pendampingan Terhadap Siswa Saat Melaksanakan Simulasi UAMBN-BK Menjelang UNBK Mendatang
Kepala MAN 1 Lombok Barat H. Nasrin Anggara

Lombok Barat (Insidelobar.com) - Menjelang Ujian Nasional Berbasis Komputer, MAN 1 Lombok Barat melaksanakan persiapan dengan melaksanakan UAMBN dan UMBN tahun pelajaran 2019/2020 dengan menggunakan mode Berbasis Komputer (UAMBN-BK).
UAMBN-BK dimaksudkan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, reliabilitas, kredibilitas, dan integritas ujian. Karena itu, selain mempersiapkan sarana dan prasarana seperti perangkat server dan komputer, MAN 1 Lobar memilih serta menetapkan pada ujian mendatang menggunakan UNBK.

Demikia dismpaikan Kepala MAN 1 Lombok Barat H. Nasrin Anggara saat ditemui diruang kerjanya.

Sedangkan Ujian Madrasah Berbasis Komputer (UMBK) lanjut dia, digunakan sebagai salah satu bahan untuk kelulusan peserta didik yang dibuat oleh guru pada masing-masing satuan pendidikan.

"Kami sudah menyediakan kebutuhan perangkat seperti server, komputer dan unit genset," jelasnya.

Untuk mengasah kemampuan siswa lanjut H. Nasrin, di praktekkan melalui simulasi yaitu menguji anak anak membaca dan menjawab soal dengan menggunakan alat komputer yang disertai dengan bimbingan.

"anak anak melakukan simulasi. Mereka di bimbing untuk mengetahui kekemahan anak," ujarnya.

Selama dalam praktek simulasi UAMBN -BK terang dia, hampir tidak ada kendala. Baik dari mulai mengerjakan soal maupun cara menggunakan alat komputer itu sendiri. Hanya saja yang menjadi ke khawatiran nanti adalah listrik padam saat pelaksanaan UNBK nya nanti.

Mengenai kebutuhan komputer dipastikan sesuai persediaan sekolah semuanya mencukupi. Sebanyak 137 anak yang melaksanakan UNBK nanti,  akan di bagi 3 sesi yakni sesi 1, 2 dan sesi 3.

"Untuk  server sendiri sekolah sudah mempunyai 3 dan dipastikan sangat mencukupi. Karena 2 server nantinya di pakai untuk pelaksanaan dan 1 lagi untuk cadangan. Asal tidak ada gangguan dari pusat saja, kita  semuanya sudah mantap dengan perangkat server dan komputer," jelasnya.

Simulasi untuk pelaksanaan UAMBN -BK dan UMBK selama dua kali. Sebab pengalaman pada simulasi pertama itu ditemukn sejumlah anak anak yang mengalami kekurangan. Namun setelah di lakukan simulasi ke dua dengan menggunakan materi yang sama. Anak anak dirasakan sudah meningkat dan sudah memiliki kemampuan.

"Kami sudah laksanakan Simulasi UAMB-BK sejak tanggal 24 dan 25 Februari dan dilanjutkan pelaksanaan Asessment Kompetisi Minimal (AKM) untuk guru guru. Begitupun pada hari ke dua dilaksanakan AKM untuk siswa dengan materi mata pelajaran pilihan," ujarnya.

Diharapakan dengan simulasi dan AKM tahun inj agar bentuk soalnya nanti mengacu pada  AKM itu sendiri, pintanya.Tapi sampai hari ini belum ada kejelasan  baik itu dalam bentuk surat maupun edaran dari Kementerian terkait dengan bentuk soal yang menggunakan AKM itu.

"Sementara baru informasi lisan maupun informasi di media sosial saja.," bebernya.

Mengenai soal UAMBN-BK disediakan oleh Kementerian Agama dan soal UNBK sendiri disediakan oleh Kementerian Pendidikan sedangkan UMBK disedikan pihak sekolah.

Terkait kesiapan anak anak sendiri diakuinya hampir dipastikan seratus persen siap terhadap UNBK ini. Hal ini bisa menjadi indikator pada saat anak anak dengan cara menggunakan alat komputer dan lainnya begitu pula dengan menjawab soal yang disediakan sudah mampu.

"Ini yang kita nilai dari cara menggunakan alat dan kemampuan merek menjawab soal yang ada," ungkapnya.

Pada saat hari hal UNBK nanti sangat dituntut mengenai jawaban soal ini begitu pula dengan kemamouan anak menggunakan alat.

Kita di Lombok Barat secara khusus untuk madrasah yang tergabung di KKM masing masing. Namun berhubung sekarang satuan pendidikan membuat soal sendiri, melaksanakan ujian sendiri dan menggandakan soal sendiri. Jadi tidak lagi dikoordinir  seperti yang dulu itu.

"Dengan sistem ujian ke depan ini dengan proses asessment. Ini adalah peluang bgi madrasah untuk berkompetisi dan berkompetensi," pungkasnya. (Ikhw@N)
Download
Persiapan Hadapi UNBK, MAN 1 Lobar Gelar Simulasi UAMBN-BK dan UMBN

0 Response to "Persiapan Hadapi UNBK, MAN 1 Lobar Gelar Simulasi UAMBN-BK dan UMBN"

Posting Komentar