Operasi Gatarin Jaring 52 Tesangka, Tiga diantaranya Pelaku Dibawah Umur


Puluhan Pelaku Kejahatan 3C Sesaat Di keluarkan Dari Tahanan Mapolres Dalam Keadan Di Borgol Guna Gelar Perkara

Lombok Barat (Insidelobar.com) -  Kepolisian Resort (Polres) Lombok Barat gelar Pers Konfrens terkait hasil Operasi Jaran Gatarin di Aula Patriatama Mapolres Senin, 24/2/20. Konfrens yang di buka Kapolres AKBP Bagus S Wibowo didampingi Bupati Fauzan Khalid bersama Ketua DPRD Hj.  Nurhidayah tersebut, sekaligus menghimbau masyarakat agar lebih waspada dan hati hati terhadap rawannya tindakan kejahatan.

Diketahui, Giat Operasi Jaran Gatarin selama dua minggu terakhir , Polres Lobar mengamankan 52 orang pelaku kejahatan tindak pidana Curat Curas dan Curanmor. Tindakan pidana kejahatan 2020 kini meningkat tajam dan tiga orang diantaranya pelaku dibawah umur.

Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S Wibowo mengatakan, selama dalam kegiatan operasi Jaran Gatarin pihak Polres Lobar telah melakukan pengungkapan kasus. operasi ini dimana didalamnya kita fokus pada penindakan terkait dengan 3C atau Curat, Curas dan Curanmor.

Keberhasilan yang diperoleh selama kegiatan yang dimaksud telah mengungkap tiga target operasi yang sudah ditentukan dari awal operasi. Kemudian yang lainnya adalah mengungkap pelaku tindakan pidana non target operasi. Secara keseluruhan ada 23 laporan Polisi atau pengaduan masyarakat yang sudah diungkap dan  mengamankan 52 orang tersangka.

"Jumlah tersangka ini tidak ditampilaknan semua, karena yang sudah kita amankan, sejumlah diantaranya adalah tersangka anak anak yang masih dibawah umur," jelasnya.


"Secara umum kepada kenaan pasal terhadap tersangka yang sudah diamankan ini yaitu pasal 362 dan 365," tambahnya.

Lebih lanjut kata Bagus, dari segenap barang bukti (BB) yang diamankan seperti peralatan pertanian, gas, sapi,  sepeda dan sejumlah unit kendaraan bermotor serta termasuk ikut dijadikan BB terhadap kendaraan roda empat yang dipakai untuk pengangkut barang.

Berdasarkan hasil penyidikan yang dilakukan, para tersangka melancrkan aksinya pada malam hari dengan melakukan pengerusakan terhadap obyek yang menjadi sasaran mereka. Pengerusakan yanh dimaksud seperti rumah maupun kendaraan bermotor dari yang telah mereka targetkan sebelumnya.

"Ini adalah modus operandi yang dilakukan para pelaku," terangnya.

Bupati Lobar Fauzan Khalid secara khusus menyebutkan, dirinya sangat mengapresiasi kepada pihak Polres yang sudah sedemikian rupa all aut dalam melaksanakan tugas terhadap di gelarnya operasi Jaran Gatarin. Dengan seluruh kemampuan dan strategi, pihak Polres mampu menunjukkan kredibilitasnya di mata masyarakat sehingga, salah satu tujuan Polisi mampu menjamin Kamtibmas seperti saat ini.

"Sekarang SatPolres berhasil mrnangkap 52orang pelaku kejahatan dan ini lebih dari luar biasa," ujarnya.

Polres Lobar kata Fauzan, diharapkan tetap mampu dan secara terus menerus dapat menjamin Kamtibmas di wilayah hukum Lobar. Sehingga pada akhirnya nanti,  segala kejahatan di Lobar dapat di tekan dan semakin berkurang adanya.

"Saya mempunyai keyakinan bahwa ini adalah langkah awal karena Polres Lobar untuk meneruskan dan menjamin keamanan masyarakat," ucapnya.

Dia menghimbau kepada masyarakat meminta kepada seluruh Kadus dan Kades yang ada agar kembali mengaktifkan siskamling. Karena jika hanya mengandalkan dari Polisi saja yang anggotanya terbatas pasti tidak akan maksimal. Sebab peran serta dari kita semua sangat membantu dan memudahkan dalam menyelesaikan masalah kejahatan pencurian dan kekerasan.

"Saya tekankan agar mempermudah hadapi rawan kejahatan pencurian ini agar kita semua bersinergitas. Terutama peran serta Kadus dan Kades untuk menghidupkan siskamling," tegas Fauzan.

Hal senada Ketua DPRD Lobar Hj. Nurhidayah mengatakan, apapun keberhasilan kerja sigap satuan Polres dalam operasi yang dilaksanakannya saat ini, sudah sangat luar biasa. Selaku Ketua DPRD sebutnya, sangat mengapresiasinya. Terlebih hasil operasinya sekarang lebih dari sukses dan berhasil.

"Saya sangat mengapresiasi kerja aparat Kepolisian Lobar," tegasnya.

Dikatakannya,dalam dua minggu, Polisi bisa mengungkap 23 laporan yang masuk dari masyarakat. Karena responsif dan menjadi tanggungjawabnya, kerja keras mereka telah mampu mengamankan 52 orang pelaku kejahatan.

"Bayangkan dalam dua minggu operasi Jaran Gatarin ini, 52 tersangka dan tiga orang target operasi diamankannya beserta berbagai jenis BB hasil kejahatan sudh diamankan. Ini luar biasa, dan ini tentu hasil usaha dan kerja keras Polres dan jajarannya," pujinya.

Ketua DPRD Dapil Gunung Sari ini mewanti dan menghimbau masyarakat agar lebih waspada terhadap segala kemungkinan terjadinya kejahatan. Karena kejahatan ini bus diantisipasi kecuali dari kita sendiri yang menjaga berhati hati.

"misalnya, rumah kita agar menjadi aman tentu harus membiasakan diri agar selalu terkunci rapat. Begitu pula dengan keamanan mitor tentu harus dalam kondisi di gembok dan terkunci ganda. Mari kita semua untuk tetap selalu waspada," ajaknya. (Ikhw@N)
Download
Operasi Gatarin Jaring 52 Tesangka, Tiga diantaranya Pelaku Dibawah Umur

0 Response to "Operasi Gatarin Jaring 52 Tesangka, Tiga diantaranya Pelaku Dibawah Umur"

Posting Komentar