Mobil Ambulance Pembawa Pasien Rujukan, Tertambat Insiden Longsor


Sekretaris RSUD Dompu Ujang Satrya Irawan Turun Lokasi Meninjau Mobil Ambulance Pembawa Pasien Rujukan Ke RSUD Provinsi Mataram Yang Terken Insiden Longsir Di Bukit Nanga Tumpu

Dompu (Insidelobar.com) - Mobil ambulance pembawa pasien rujukan RSUD Dompu tujuan ke RSUD Provinsi, terjebak insiden longsor  di kawasan Bukit Nanga Tumpu. Longsor material batu batu besar mendadak tiba tiba menghantam bodi bagian depan mobil ini menyebabkan bonyok dan rusak berat. Tidak hanya itu, kaca bagian samping dan depannya mengalami pecah.  Akibatnya, mobil ambulance yang dikemudi M. Yamin tersebut tidak bisa melanjutkan perjalanan. Beruntung pasien bersama keluarga serta supirnya masih selamat.

Salah seorang keluarga pasien Ifa warga Bolo Kabupaten Bima mengaku akan membawa keluarganya dari RSUD Dompu ke RSUD Provinsi NTB. Namun ke tiban sial, mobil ambulance yang ditumpanginya mendapat musibah longsoran batu ditengah perjalanan.

"Alhamdulillah yang penting kami semua seisi mobil masih diberikan selamat. Meski kami semuanya sempat kaget, tapi yang oenting selamat," paparnya Selasa, 18/2/20 di TKP.

Hanya saja lanjut Ifa, mobil ambulnce ini kondisinya rusak berat dan tidk bisa melanjtkan perjalanan. Tapi setelah mendapat keterangan dari pihak RSUD melalui supirnya, perjalanan selanjutnya akan tetap diteruskan karena akan ada mobil ambulance lain yang sudah disediakan pihak rumah sakit.

"Kami tidak ada masalah. Karena ini musibah, mau bagaimana lagi. Yang penting aman dan insya Allah kita doakan akan selamat sampai tujuan," tandasnya.

Sementara Supir ambulance M. Yamin menjelaskan, atas peristiwa ini benar benar diluar duguaan. Seperti biasa, mobil yang dikendarainya selalu fokus dalam setiap kali membawa pasien. Namun karena kali ini kita dihadapkan dengan musibah, kejadiannya tiba tiba dan semua tersentak kaget saat mobilnya dihantam batu batu besar diatas bukit.

"Batunya jatuh akibat longsor dari atas bukit. Ya Allah, untung kami semua masih dilindungi dan diberikan keselamatan," syukurnya.

Karenanya, mobil kita kondisinya rusak.  Kaca depan retak dan pecah pecah. Sementara bagian depan bonyok sampai rodanya bengkok. Tapi demi mengutamakan pelayanan, perjalanan tetap dilanjutkan dengan memakai ambulance rumah sakit yang sudah disiapkan.

"Saya sudah koordinasi dengan atasan bahwa perjalanan akan diteruskan dan akan diganti mobil ambulance yang lain," tegasnya.

Sekretaris RSUD Dompu Ujang Satrya Irawan S. Kep, langsung terjun lokasi TKP Bukit Nanga Tumpu. Ia bersama unit ambulace dan seorang supir lainnya sigap bijaksana dengan mengevakuasi pasien dan keluarganya saat itu untuk melanjutkan perjalanan tujuan RSUD Provinsi.

"Sebagai bentuk tanggungjawab kami dari rumah sakit agar tetap mengedepankan pelayanan sesuai SOP yang ada. Karena semua dalam keadaan baik baik saja, kami sarankan untuk tetap melanjutkan perjalanan hingga tujuan," tegasnya.

Peristiwa ini kata Ujang sapaan akrabnya, murni karena faktor alam atau musibah. Hujan lebat dalam pekan ini membuat struktur tanah dibukit ini labil sehinhga mengakibatkan longsor dan takdirnya mengenai ambulance kita yang tengah melakukan perjalanan tugas membawa pasien.

"Karena musibah longsor ini, petugas struktur rumah sakit langsung berkoordinasi dengan saya. Walau sempat tersentak kaget, kami tak ingin buang waktu dan langsung bergegas cek lokasi TKP," ujarnya.


Menurutnya, pasien berinisial S asal  Desa Bolo Kabupaten Bima sempat dirawat di RSUD Dompu selama tiga hari. Dokter yang menangani pasien yang setelah diketahui diagnosanya mengalami hepatitis dan harus di rujuk ke rumah sakit Provinsi Mataram.

"Saya berharap semoga pasien ini selamat sampai tujuan dan mendapat penanganan yang maksimal sehingga bisa pulih dari penyakit yang dialaminya," pungkasnya. (Rizal)
Download
Mobil Ambulance Pembawa Pasien Rujukan, Tertambat Insiden Longsor

0 Response to "Mobil Ambulance Pembawa Pasien Rujukan, Tertambat Insiden Longsor"

Posting Komentar