Pemda Mulai Tertibkan Retribusi Parkir

Asisten ll Lombok Barat Hj.Lale Prayatni

LombokBarat (Insidelobar.com) - Sejumlah obyek retribusi parkir di Lombok Barat masih menjadi soal terutama di kawasan strategis destinasi wisata. Seperti pada salah satu obyek parkir di kawasan Senggigi, disinyalir tidak mengantongi ijin dan tidak berkontribusi untuk menjamin peningkatan PAD.

Asisten ll Hj. Lale Prayatni yang dikonfirmasi mengatakan, jika melihat kontribusi dari hasil retribusi parkir di sejumlah titik kawasan pariwisata tergolong cukup besar. Namun melihat masih adanya pengusaha yang mengelola parkiran yang tidak berijin akan diatensi dan sudah menjadi referensi pemerintah daerah.

"Hal ini sudah kita lihat dan menjadi pembahasan kita dengan Sekda dan asisten yang ada," ujarnya.

Memang masalah ini lanjut dia, menjadi kewenangan asisten lll,  karena masalah pajak parkir, menyangkut Bapenda. Berdasarkan pernyataan Sekda kata dia, terkait ini akan dibahas secara khusus. Sebab Perda daripada pajak itukan sudah ditetapkan baru ini oleh DPR.

"Saya belum melihat apa bunyi dari isi daripada Perda parkir ini," urainya.

Parkir inikan ada dua yakni ada pajak dan retribusi. Biasanya ini bisa menjadi retribusi dan bisa masuk menjadi pajak.

"Soal ini kan tidak hanya di Senggigi, Sekotong dan termasuk di Sesaot. Nanti kita tertibkan, saya akan lihat dulu Perda nya," imbuh Lale.

Dijelaskan, pajak itu misalnya usaha yang menyediakan lahan parkir, nanti bagian dari hasil parkir akan disetorkan ke Pemda. Sedangkan retribusi itu di tarik oleh Dinas Perhubungan yang berada di sejumlah deretan pasar, pinggir jalan dan tempat  lainnya. Maka itu akan menjadi bagian dari retribusi. Nanti Perhubungan yang akan setor ke Pemda sebagai PAD.

"Pajak dan parkir ini beda konteknya. Kalau pajak itu dikelola oleh penyedia lahan parkir sedangkan retribusi itu di kelola oleh Dinas Perhubungan," jelas dia.

Pajak itukan dikelola Bapenda dan retribusi itu dikelola oleh OPD, pungkasnya. (Ikhw@N)

Download
Pemda Mulai Tertibkan Retribusi Parkir

0 Response to "Pemda Mulai Tertibkan Retribusi Parkir"

Posting Komentar