Target PKB dan BBNKB UPT Samsat Lobar, Jamin Terealisasi


Kepala UPT Samsat Lombok Barat H
 Saeful Amri

Lombok Barat (Insidelobar.com) -
Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendapatan Samsat Wilayah Lombok Barat terus menggenjot perolehan capaian pajak kendaraan bermotor (PKB). Sebagai pengelola  penerimaan Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), hingga memasuki pertengahan bulan Desember 2019 ini, serapan realisasi pajak terbilang signifikan. Alhasil, kini mencapai 94 persen. Untuk menembus target, dalam sisa waktu setengah bulan kedepan, dipastikan akan memenuhi hingga mencapai 100 persen.

Demikian disampaikan Kepala UPTD Samsat Lombok Barat H. Saeful Amri  saat ditemui di ruang kerjanya Senin, 16/12.

Untuk Lombok Barat kata H. Saeful, serapan pajak kendaraan bermotor (PKB) yang terealisasi hingga masuk pertengahan  bulan Desember sekarang yakni mencapai 94 persen. Sampai pada sisa waktu di penghujung bulan Desember, pihaknya masih menyelesaikan sekitar 3.151.000.000 miliar selama sisa waktu yang ada.

"Artinya, dalam perhari kita akan berusaha mengumpulkan 310 juta. Insya Allah bisa kita selesaikan," optimisnya.

Oleh sebab itu, secara kontinyu akan menggelar penertiban kendaraan di jalanan. Karena dengan operasi gabungan, dinilai langkah efektif untuk merealisasikan PKB di Lombok Barat.
Pasalnya, masih banyak kendaraan yang belum melakukan pendaftaran ulang atau pembayaran pajak tahunan kendaraannya.

"Kami akan giat menggalakan operasi gabungan hingga batas akhir tahun ini," jelasnya.

Sedangkan untuk penerimaan pajak Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBNKB pihaknya justru sudah melampaui dari target. Berdasarkan realisasi tersebut, hingga hari ini mencapai 101 persen. Target BBNKB ini 56. 566,000.000. Sedangkan raihan BBM yang terkumpul mencapai angka 57 miliar.

"Perkiraan hingga akhir Desember ini bisa menembus 70 miliar," tegasasnya.

Trend pajak BBNKB kita di Lombok Barat tergolong sangat bagus dan berpotensi. Dari tahun ke tahun progresnya semakin membaik. Keberhasilan ini berdasarkan hasil evaluasi bahwa ekonomi Lombok Barat juga sangat baik ditambah dengan tingkat kesadaran masyarakatnya.

"Setiap tri wulan tetap dievaluasi, pajak tersebut hasilnya memang berkembang bagus di Lombok Barat ini," ungkapnya.

Soal kendala katanya, masih ditemukan beberapa pemilik kendaraan yang tidak mendaftar ulang baik yang setahun dua tahun hingga lima tahun. Terutama kendaraan yang tiga tahu keatas.

"Berdasarkan hasil efaluasi dan koordinasi dengan Trac nya dealer,  banyak sekali yang ditemukan tidak mendaftar," terangnya.

Namun hal ini papar dia, setelah ditindaklanjuti, pihaknya melakukan validasi data melalui dor to dor, namun hasilnya untuk penyampaian wajib pajaknya tidak ada, karena dulu memang masih memakai domisili, ini menjadi kendala utama. Tapi dalam rangka itu juga, kita sekalian melakukan validasi data untuk menekan  pemilik kendaraan yang belum bayar diharapkan untuk merespons dan membayar.

"Kami sudah mendapatkan data valid terhadap wajib pajak. Untuk itu, kita  melakukan pengawasan langsung lewat operasi gabungan,"pungkasnya. (Ikhw@N*)
Download
Target PKB dan BBNKB UPT Samsat Lobar, Jamin Terealisasi

0 Response to "Target PKB dan BBNKB UPT Samsat Lobar, Jamin Terealisasi"

Posting Komentar