Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Lobar Cek Kesiapan Sarpras


Siaga Pengamanan Natal dan Tahun Baru, Polres Lombok Barat Cek Kelengkapan Sarpras


Lombok Barat (Insidelobar.com) - Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Satriyo Wibowo SIK memimpin pengecekan sarana dan prasarana kendaraan bermotor (Ranmor) dinas di halaman Mapolres. Pemeriksaan Ranmor dilakukan dalam rangka mengecek secara langsung kelengkapan Ranmor Personel untuk kesiapan pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020.

Kapolres AKBP Bagus Satriyo Wibowo S,,I,K menekankan, pengecekan semua sarana dan prasarana yang ada di Polres, semua harus dalam keadaan berfungsi. Karena ini akan digunakan untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020," tegasnya.

Kondisi peralatan lanjut Bagus, agar harus tetap dirawat dengan baik, juga kelengkapan perseorangan harus benar-benar diperhatikan. Selain itu ditekankan pula, dalam penanganan unjuk rasa tidak diperbolehkan menggunakan senjata api saat pelaksanaan pengamanan.

"Kami sudah periksa semua kelengkapan perangkat yang ada seperti dokumen kendaraan, serta personel pemegang senpi harus dilengkapi dengan Kartu Pemegang senpi," terangnya.

Secara seksama kata Alumni SMA 2 Mataram ini , juga mengecek langsung kondisi kendaraan Rotator dan sirine, serta dokumen pendukung lainnya.
Selain peralatan untuk pengamanan, pada kesempatan itu pula dilakukan pemeriksaan untuk penanganan bencana yakni alat pemotong kayu (chainSaw).

"Sejumlah perangkat yang ada agar tetap diperhatikan perawatannya dan tetap diasah, sehingga kapanpun saat dibutuhkan, selalu siap digunakan, sebab menurutnya, langkah ini sebagai   antisipasi pohon tumbang yang kerap terjadi akhir-akhir ini di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat," paparnya.


Dijelaskan, pengecekan perlu dilakukan agar saat pengamanan nanti tidak terjadi kendala di lapangan. Termasuk untuk memudahkan koordinasi antar anggota, yakni kesiapan alat komunikasi.

“Mudah-mudahan ini semua bisa kita manfaatkan dengan baik dalam rangka memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya di wilayah kerja Lombok Barat," pungkasnya.

Sementara, Kabag Ops Kompol I Nyoman Adi Kurniawan, SH., mengatakan, kegiatan pemeriksaan ini merupakan prosedur yang wajib dilakukan. Hal ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana kesiapan Polres Lombok Barat menjelang Pengamanan Natal tahun 2019 dan Tahun Baru 2020 dalam kegiatan Operasi Lilin Gatarin 2019.

Dimulai dari pemeriksaan kendaraan angkut dan kendaraan water canon, hingga kendaraan Roda dua, Kapolres memeriksa langsung kondisi kendaraan yang ada.

"Sejauh ini, seluruh armada Polres Lombok Barat, baik kendaraan roda dua,  empat dan enam masih dalam kondisi terawat dan siap akan beroperasi dengan baik," ujarnya.

Pemeriksaan sarana dan prasarana serta kelengkapan lainnya dilakukan untuk menghindari dan meminimalisir terjadinya gangguan teknis saat pelaksanaan tugas di Lapangan.

"Sarana dan Prasarana Polres Lombok Barat juga ini, kedepannya akan digeser di Pos Pengamanan atau Pos Pelayanan guna menunjang Operasional pengamanan dalam Operasi Lilin Gatarin 2019," pungkasnya.

Diharapkan, agar sesama personel saling membantu dan mengingatkan dalam melaksanakan pengamanan Natal dan Tahun Baru ini, pungkasnya. (Ikhw@)



Download
Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Lobar Cek Kesiapan Sarpras

0 Response to "Pengamanan Jelang Natal dan Tahun Baru, Polres Lobar Cek Kesiapan Sarpras"

Posting Komentar