Minimalisir Kemacetan Malam Tahun Baru, Sat Polres Lobar Rekayasa Jalan


Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus Satriyo Wibowo S,I,K

Lombok Barat (Insidelobar.com) - Kapolres Lombok Barat AKBP Bagus S. Wibowo, S.I.K., menyampaikan kesiapan Polres Lobar dalam pengamanan malam Tahun Baru. Implementasi pengamanan tersebut, pihak Kepolisian melibatkan
personel sebanyak 530 dan ditambah lagi back up personel Polda NTB. Selain keamanan, Sat Polres juga siaga meminimalisir terjadinya kemacetan, sehingga momentum perayaan malam tahun baru berlangsung aman dan lancar.

Demikian disampaikan Kapolres Lobar AKBP Bagus Satriyo Wibowo saat di temui media ini ruang kerjanya Jumat 27/12.

Polres Lobar lanjut Bagus, telah melakukan koordinasi dengan Polda NTB dan rencananya Polda NTB akan menambahkan sejumlah 160 personel dalam kegiatan pengamanan malam Tahun Baru.

"Untuk kegiatan pengamanan Polres Lobar akan memfokuskan pengamanan jalur Daerah Wisata Senggigi, dimana personil sudah siap disebarkan dan akan ditempatkan mulai dari simpang empat Montong hingga Kerandangan," jelasnya.

Lebih jauh kata Bagus, pada pelaksanaannya nanti, Polisi atensi tujuh titik yang menjadi prioritas dan menyiapkan posko masing masing
untuk antisipasi kegiatan masyarakat yang akan mengalami peningkatan pada malam tahun baru.

"Kami juga menyiapkan lima Posko tambahan yang akan ditempatkan di pantai-pantai yang menjadi tempat tujuan wisata.

Disamping itu, Polres Lobar telah mempersiapkan rencana pengamanan termasuk rekayasa Lalulintas yang akan dilakukan apabila pengunjung diwilayah senggigi mengalami peningkatan.
Kira-kira nanti pada pukul 23.00 wita, apabila arus pengunjung ke Senggigi semakin padat, kita akan memberlakukan buka tutup di simpang empat Montong.

"Tergantung situasi, apabila arus lalulintas lancar, maka jalan akan dibuka kembali," ucapnya.

Diaktakannya, dirinya menghimbau kepada seluruh masyarakat, dalam menyambut malam tahun baru, agar tidak menggunakan kendaraan bak terbuka untuk mengangkut orang. Diharapkan kepada pengendara kendaraan rakyat (cidomo) untuk sementara tidak digunakan, dengan pertimbangan jalur disepanjang Senggigi dipastikan menjadi lancar.

"Masyarakat sebagai pengguna kendaraan agar lebih waspadai dan lebih hati hati, terutama kepada kendaraan bak terbuka agar tidak menggunakan dengan bermuatan banyak orang," pinta dia.

Terkait kerjasama guna mendukung kelancaran malam tahun baru nanti, pihaknya sejak beberapa minggu yang lalu, telah melakukan komunikasi dengan Pihak GM yang ada di Wilayah Senggigi, serta koordinasi dengan Asosiasi Pengusaha Hiburan wilayah senggigi untuk bersama-sama mendukung kelancaran kegiatan malam tahun baru di Wilayah Senggigi.
Atas nama Polres Lombok Barat.

"Ini artinya, mereka selaku pengelola usaha hiburan di kawasan pariwisata Senggigi, sudah siap dan melibatkan diri untuk berkontribusi," ujar Kapolres.

Mantan Kapolres Bima ini menyampaikan ucapan selamat tahun baru kepada masyarakat Lombok Barat.

"Selamat menikmati malam Tahun Baru dan selamat merayakan malam tahun baru, semoga semua masyarakat Lombok Barat mendapat keberkahan ditahun yang baru ini, harapannya kamtibmas yang kondusif tercipta pada tahun 2020 nanti,"pungkasnya.

Sementara, Kasat Lantas Polres Lobar Iptu I Made Sugiarta menjelaskan, memasuki malam tahun baru nanti, pihaknya akan memperketat pengawasan dan pengamanan di sejumlah titik untuk mengatur kelancaran berlalulintas. Pengawasan ini, Satlantas siaga meminimalisir terjadinya kemacetan pada tempat tempat yang terindikasi rawan terjadinya kemacetan, sehingga arus lalulintas dapat terkendali dan lancar adanya.

"Satuan lantas Polres Lobar ini akan disiagakan untuk mengatur kelancaran kendaraan sehingga kemacetan bisa teratasi," ujarnya.

Khusus pengendara Di Jalur By Pass ll lanjut Made Sugiarta, diimbau agar menggunakan lajur lambat
khususnya pengguna kendaraan roda dua dan roda tiga agar serta harus menggunakan helm SNI.

"Hati hati dan waspadalah, sebab kelalaian bisa menyebabkan malapetaka, terlebih momen jelang tahun baru berpotensi ramai dan riskan terhadap terjadinya kecelakaan," tegasnya.

Himbauan dan penyuluhan semacam ini kata Made Sugiarta, merupakan salah satu penekanan kepada para pengguna kendaraan roda dua dan roda tiga agar senantiasa menggunakan lajur lambat.

"Demi keselamatan dalam berkendara, diharapkan dapat mematuhi rambu rambu lalulintas," tutupnya. (Ikhw@N)
Download
Minimalisir Kemacetan Malam Tahun Baru, Sat Polres Lobar Rekayasa Jalan

0 Response to "Minimalisir Kemacetan Malam Tahun Baru, Sat Polres Lobar Rekayasa Jalan"

Posting Komentar