Lestarikan Lingkungan Hidup, PLN UP3 Mataram Tanam 3 Ribu Lebih Manggrove

Masyarakat Bersama Manager PLN UP3 Mataram Dony N Gustiarsyah, Sekda Lobar, Danramil Gerung, Kasat Sabara Polres Lobar, Camat dan Kades Menanam Mangrove Di Cemare Lemba

Lombok Barat (Insidelobar.com) - 

PT PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Mataram menunjukkan komitmen dan kepeduliannya terhadap lingkungan dan masyarakat Lombok, NTB umumnya. Kepedulian itu dibuktikan perusahaan plat merah ini dengan melaksanakan program CSR bina lingkungan berupa penanaman 3.074 bibit bakau atau mangrove ini di kawasan pantai Cemare Desa Lembar Selatan Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat.

Hal yang mendasari pemilihan program penanaman pohon bakau ini adalah sebagai kontribusi perusahaan Negara ini dalam melestarikan ekosistem hutan bakau dan mencegah bencana abrasi. Hal ini  juga bagian dari misi PLN menjalankan kegiatan usaha yang berwawasan lingkungan. Sebelumnya PLN UP3 Mataram menggelar kegiatan bina lingkungan yakni kampung PLN di Mataram dan program perbaikan sarana tempat ibadah di Lombok Tengah.
Secara simbolis penanaman ribuan tanaman bakau ini digelar Senin  (16/12) kemarin di kawasan Pantai Cemare. Turut hadir dalam kesempatan itu, Manager PLN UP3 Mataram Dony N Gustiarsyah, Sekda Lobar HM Taufiq beserta jajaran OPD terkait, Danramil Gerung, Kasat Sabara Polres Lobar, Camat Lembar, Kades Lembar Selatan dan tokoh mayarakat setempat serta pihak pendamping program kegiatan CSR bina lingkingan dari PT Omy Outbound Lombok. Penanaman pohon dilakukan langsung oleh Manager PLN UP3 Mataram bersama Sekda dan jajaran terkait ke tengah pantai Cemare beserta masyarakat setempat. Di lokasi ini sudah ditanami ribuan tanaman mangrove program dari PLN UP3 Mataram yang sudah dilaksanakan sejak dua pekan lalu. Penanaman tanaman mangrove in dilakukan oleh desa bersama masyarakat setempat.
Manajer PLN UP3 Mataram Dony N Gustiarsyah

Dalam kesempatan itu, Manager PLN UP3 Mataram Dony Gustiarsyah mengatakan kegiatan penanaman tanaman bakau ini merupakan program PLN peduli lingkungan khususnya ekosistem kelestarian hutan bakau.

“Sudah ditanam 3074 bibit bakau, yang hari ini (kemarin red) penanaman secara simbolisnya,”jelas Dony.

Program ini kata dia merupakan bagian dari misi PLN menjalankan kegiatan usaha berwawasan lingkungan. Ia berharap agar tanaman yang ditanam ini dijaga dia dirawat sampai tumbuh besar. Seperti disampaikan Sekda, jangan hanya ditanam saja namun tugasnya juga bagaimana 3074 bakau ini bisa tumbuh besar.  Untuk memelihara tanaman ini, pihaknya sangat berharap ada peran serta desa dan masyarakat setempat.

Apa yang memotivasi PLN UP3 Mataram mengembangkan tanaman mangrove? Menurut dia, saat ini isu lingkungan sangat besar. Termasuk kerusakan hutan bakau sehingga menyebabkan abrasi cukup parah. Melalui penanaman pohon bakau ini ia berharap bisa mencegah terjadinya hal itu. Selain di Lobar, pihaknya sudah melaksanakan program CSR di sejumlah daerah. Sebelumnya, pihaknya melaksanakan program bina lingkungan Kampung PLN Banget di Mataram. Sebelumnya juga, pihaknya melaksanakan di Loteng berupa perbaikan sarana tempat ibadah. Selain itu, pihaknya melakukan program bina lingkungan penyambungan listrik untuk warga (pelanggan) kurang mampu.  Dalam melaksanakan program CSR ini, pihaknya berkoordinasi dengan masing-masing pemda setempat agar CSR yang disalurkan merata dan sesuai kebutuhan masyarakat dibawah.  Kedepan pihaknya akan tetap melaksanakan program bina lingkugan di Lobar dengan kegiatan disingkronkan dan disongkronkan dengan pemda.

Sementara, Sekda H. M Taufiq mengatakan, Pemda dalam hal ini mengapresiasi kegiatan bina lingkungan yang dilaksanakan PLN UP3 Mataram di wiayah Cemare Lobar.

“Kami mengapresiasi PLN UP3 Mataram yang sangat tinggi sudah melakukan penanaman ribuan bakau. Sebab fungsi bakai sangat banyak bagi masyarakat di wilayah ini. Selain untuk menjaga pemanasan globa, mencegah abrasi maupun erosi temapt tumbuhnya biota dan menjaga kualitas air.” jelasnya.

Penanaman ini pun melibatkan masyarakat setempat. Ia berharap kedepan dengan adanya penanaman bakau ini, dusun cemare ini bisa menjadi obyek wisata tanaman bakau sehingga bisa menjadi destinasi wisata.  Yang penting kedepan juga tambah dia, masyarakat dan aparatur desa, kecamatan dan OPD bisa turun menjaga serta memelihara tanama bakau yang sudah ditanam. 

Sementara itu Kades Lembar selatan H Beni Basuki menyampaikan terima kasih kepada PLN, karena memilih desanya sebagai lokasi program bina lingkungan.
Program ini jelas dia melibatkan desa dan masyarakat setempat, dimana masyarakat bersama dusun menanam pohon mangrove sejak dua minggu lalu.

“Untuk pemeliharaan kami akan libatkan kadus dan masyarakat setempat, kami akan pakai pass masuk untuk diarahkan untuk pemeliharaan” ujar dia. kedepan ia akan menjadikan kawasan ini sebagai wisata air mengelilingi kawasan tanaman mangrove di daerah ini.  (Ikhw@N)
Download
Lestarikan Lingkungan Hidup, PLN UP3 Mataram Tanam 3 Ribu Lebih Manggrove

0 Response to "Lestarikan Lingkungan Hidup, PLN UP3 Mataram Tanam 3 Ribu Lebih Manggrove"

Posting Komentar