Kado Terindah Hari Bhakti PU-TR, Lombok Barat Terseleksi Jadi Anggota CoST




Lombok Barat (Insidelobar.com) - Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid didaulat sebagai inspektur upacara pada Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-74 di halaman kantor Dinas PU-TR Selasa (3/11/2019).
Pada kesempatan tersebut, Bupati dua  periode ini membeberkan pencapaian di bidang infrastrukrur untuk 3 tahun terakhir ini. Dengan pembiayaan yang bersumber dari Hibah PRIM dengan hasil kinerja 100%, Lombok Barat dijadikan sebagai Pusat Pembelajaran Nasional dalam Penyelenggaraan Jalan Daerah. Selain menjadi anggota CoST, Dinas PUTR juga meraih Predikat Kepatuhan Tinggi dari Ombudsman RI dengan raihan nilai sempurna yaitu 100 untuk bidang Pelayanan Publik Tata Ruang.

Bupati Fauzan dalam amanatnya menyampaikan tiga pesan moral yang sangat penting yaitu, perlunya kebersamaan antar insan PU dalam mengemban tugas. Hal ini sangat penting, pesan Bupati, untuk memaksimalkan hasil pembangunan.

“Kita semua selalu harus tetap menjaga kebersamaan internal kita,” ajak bupati.

Menurutnya, pekerjaan yang dikerjakan oleh beberapa orang saja, tidak akan sebagus dengan hasil yang dikerjakan oleh banyak orang. Untuk itu, pesan bupati, segala ikhtiar di PU hendaknya diawali dengan aspek kebersamaan. Hal ini penting, karena kadang kita tidak menyadari bahwa mengerjakan sesuatu secara bersamaan akan menghadirkan intervensi dalam bentuk keberkahan dari Tuhan Yang Maha Kuasa, Allah SWT.

“Kita tidak hanya mementingkan jumlah, tidak hanya mementingkan kualitas, kita juga mementingkan intervensi keberkahan. Salah satu caranya adalah menjaga kebersamaan, menjaga soliditas, atau bahasa agamanya menjaga silaturrahim,” tegas Bupati.

Selain itu kata Bupati, perlunya mengutamakan kualitas dan ketepatan waktu. Aspek kualitas ini penting, kata bupati, sebagai bahan evaluasi terlebih di era saat ini masyarakat dengan mudah bisa melihat dan mengakses hasil pembangunan karena didukung oleh kemajuan informasi dan teknologi.

"Meskipun diakui bupati, kualitas pembangunan oleh Dinas PUTR sudah menanjak satu tingkat lebih baik. Terbukti belum lama Kab. Lombok Barat diterima sebagai anggota Construction Strategic Transparency (CoST)," jelasnya.

Lombok Barat merupakan satu-satunya kabupaten dari lebih dari 400 kabupaten di Indonesia yang menjadi anggota CoST yang merupakan organisasi internasional untuk transparansi infrastruktur dan beranggotakan 19 negara. Lombok Barat adalah anggota yang ke-19.
Keanggotaan ini karena Lombok Barat dinilai bagus dalam mengembangkan infrastruktur. Misalnya, untuk 3 tahun terakhir ini, dengan pembiayaan yang bersumber dari Hibah PRIM dengan hasil kinerja 100%, Lombok Barat dijadikan sebagai Pusat Pembelajaran Nasional dalam Penyelenggaraan Jalan Daerah. Selain menjadi anggota CoST, Dinas PUTR juga meraih Predikat Kepatuhan Tinggi dari Ombudsman RI dengan raihan nilai sempurna yaitu 100 untuk bidang Pelayanan Publik Tata Ruang.

"Hal ini harus dijadikan sebagai motivasi di dalam bekerja untuk terus memberikan yang terbaik dan kebanggaan masyarakat Kab. Lombok Barat," tegasasnya.

Penghargaan tersebut, lanjut Fauzan,  harus dijaga dengan mempertahankan kualitas pembangunan infrastruktur khususnya jalan.

“Kuantitas tentunya penting, tetapi kuantitas tidak boleh mengorbankan, tidak boleh mengabaikan aspek kualitas,” tekan bupati.

Menurutnya, kita harus pintar memilih aspek prioritas dan harus mempertimbangkan aspek konektivitas pembangunan ekonomi demi mendorong kesejahteraan masyarakat. Aspek konektivitas dan prioritas ini mencakup infrastruktur jalan, pembangunan sanitasi, air bersih, dan lain-lain.

“Gedung kita bagus bukan untuk kepentingan kita semata-mata tetapi juga demi kenyamanan masyarakat kita untuk minta dilayani di kantor kita,” ujar bupati

Sementara, Kepala Dinas PU-TR Ir. I Made Arthadana mengutarakan, berbagai keberhasilan dan prestasi ditorerahkan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Lombok Barat menjadi kado Hari Bhakti PU ke 74. Wujud nyata dari prestasi ini, mulai dari keberhasilan pembangunan infrastruktur dan penataan ruang.

"Beberapa keberhasilan itu, diantaranya Lobar menjadi satu-satunya kabupaten/kota se Indonesia yang mendapatkan hibah prim. Atas kinerja hasil verifikasi tim prim dari Australia pun menasbihkan Lobar sebagai daerah dengan kinerja 100 persen bagus," ungkapnya.

Berkat prestasi ini tutur Made, Lobar pun menjadi pusat nasional penyelenggaraan jalan daerah sehingga menjadi pusat belajar bagi daerah lain. Tidak itu saja, Lobar juga ditunjuk sebagai anggota Organisasi Transparansi Internasional untuk Infrastruktur, Construction Sector Transperancy (CoST).

"Ini cukup membanggakan bagi daerah dan mudah-mudahan menjadi prestasi daerah, bahwa satu-satunya kabupaten kota se Indonesia mendapatkan hibah prim dan kinerjanya hasil verifikasi tim prim (Australia) 100 persen bagus, sehingga atas prestasi ini Lobar pun menjadi pusat nasional penyelenggaraan jalan daerah atau tempat belajar bagi daerah lain secara nasional,” jelasnya.

Lebih lanjut kata dia, atas prestasi di prim ini pulalah Lobar ditunjuk sebagai anggota Organisasi Transparansi Internasional untuk Infrastruktur, Construction Sector Transperancy (CoST).  Lobar masuk anggota CoST ini pun melalui seleksi ketat yang dilakukan lembaga independen internasonal. Lembaga ini menilai bahwa dalam pembangunan infrastruktur di Lobar sudah tranparan. Artinya lembaga internasional yang berkedudukan di Inggris ini mengakui kalau pembangunan infrastruktur di Lobar sudah transparan. Untuk menjadi anggota CoST secara resmi, pekan lalu pemda diwakili Sekda diundang khusus ke Dubay.

"Keanggotaan CoST ini hanya 19 negara di dunia, kita anggota yang ke 19. Ini sangat bagus dan membanggakan,” ujarnya.

Peringatan puncak Hari Bhakti PU ini juga dirangkai dengan peresmian pemanfaatan instalasi air bersih SPAM program PAMSIMAS 2019 di 4 desa, yaitu Desa Kekeri di Kecamatan Gunungsari, Desa Badrain- Desa Golong- Desa Keru di Kecamatan Narmada. Semua kepala desa dan unsur pengurus Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM) SPAM masing-masing desa hadir pada upacara ini.

Upacara ini juga diikuti oleh Wakil Ketua DPRD Lobar, Sekretaris Daerah, HM Taufiq, Kepala Dinas PUTR I Made Arthadana, dan sejumlah kepala Organisasi Perangkat Daerah Lobar lainnya. (IkhW@N)
Download
Kado Terindah Hari Bhakti PU-TR, Lombok Barat Terseleksi Jadi Anggota CoST

0 Response to "Kado Terindah Hari Bhakti PU-TR, Lombok Barat Terseleksi Jadi Anggota CoST"

Posting Komentar