Imbas Perbaikan Dermaga Padang Bai, Sisakan Antrian Panjang


Sejumlah Ekspedisi Nampak Antri Di Pelabuhan Penyeberangan Lembar Lombok Barat

Urai Kemacetan, Polisi Lalulintas Jalan Raya adengan Berlakukan Buka Tutup Jalan dan Rekayasa Arus Lalulintas


Lombok Barat (Insidelobar.com) - Perbaikan sementara dermaga Padang Bai Denpasar Bali, picu kemacetan dan  antrian panjang kendaraan roda dua dan roda empat dari berbagai jenis, yang menuju lokasi penyeberangan dermaga Lembar Lombok Barat. Urai dampak tersebut, Kepolisian Sektor Lembar mengambil langkah preventif  pengaturan lalulintas dengan memberlakukan buka tutup arus kendaraan dan rekayasa arus lalulintas.

Antrian kendaraan di Jalan Raya Lembar menuju pelabuhan.
diperkirakan sudah mencapai lebih kurang 800 meter. Terlihat mulai dari roda dua hingga roda empat berbagai jenis padat memenuhi ruas jalan mulai tikungan LPG OM AGUS Dusun Segenter Desa Lembar Selatan Kec. Lembar Kab. Lobar terpantau macet.

Kapolsek Lembar Iptu I Wayan Sugiana mengatakan bahwa penyebab antrian kendaraan tersebut karena masih adanya perbaikan Dermaga I Padangbai Bai, sehingga arus penyeberangan saat ini masih ditutup. Selain itu, informasi dermaga yang ada di lokasi tersebut, hanya satu saja yang beroperasi dan dipastikan dalam tiga hari ke depan akan kembali normal.

"Estimasi perbaikan dermaga akan memakan waktu selama 3 hari. Mulai  dari Hari Minggu 8 Desember 2019 Sampai dengan selesai," jelasnya.
Kapolsek Lembar Iptu I Wayan Sugiana 

Selain perbaikan ini lanjut I Wayan, pun dermaga yang ada di Bali hanya satu yang beroperasi dan berdampak terjadinya antrean kapal yang mengapung, sembari menunggu giliran bersandar di dermaga pelabuhan Padang Bai.

"Pihak BPTD sudah mengatur Jadwal penyeberangan sehingga tidak terjadi penumpukan antrean kapal  yang mengapung di Padangbai, meski hal ini  tetap berdampak terjadinya antrean panjang kendaraan yang akan menyeberang di Pelabuhan Lembar," terangnya.

Sementara, mengantisipasi kemacetan lalulintas lanjut dia, Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar yang di Back Up oleh Polres Lobar melakukan  pengaturan lalulintas dengan memberlakukan buka tutup arus kendaraan.

"Kami juga melakukan rekayasa arus lalulintas bagi kendaraan yang mengantri, diarahkan menuju Area Parkir Pelindo III untuk meminimalisir penumpukan," ucapnya.

Kepada masyarakat pengguna jasa penyeberangan pelabuhan lembar, dihimbau agar tidak membawa banyak barang, sehingga tidak merepotkan saat menunggu sandaran di pelabuhan Padangbai.

"Kami juga menghimbau untuk mengatur ulang jadwal keberangkatan dan  diperkirakan kepadatan arus penyeberangan terjadi pada malam hari," pungkas I Wayan.

Terpisah, GM Supervisi ASDP Adrian Runtukahu mengatakan, dalam durasi bongkar muat untuk pelabuhan Lembar normalnya 90 Menit setiap bongkar muat kapal, namun dengan adanya perbaikan dermaga pelabuhan dipadangbai, durasi bongkar muat diatur menjadi 120 menit atau dua jam .
Hal ini dimaksudkan agar tidak terjadi penumpakan kapal yang mengapung di kawasan pelabuhan Padang Bai.
Hanya saja berdampak aktifitas bongkar muat di Pelabuhan Lembar, hingga terjadi antrean kendaraan, bukan disebabkan oleh lonjakan arus penyeberangan.

Menurutnya, perbaikan sementara di Dermaga Padangbai Bai merupakan upaya ASDP untuk antisipasi arus kendaraan menjelang Natal dan Pergantian Tahun, singkatnya. (IkhW@N)
Download
Imbas Perbaikan Dermaga Padang Bai, Sisakan Antrian Panjang

0 Response to "Imbas Perbaikan Dermaga Padang Bai, Sisakan Antrian Panjang"

Posting Komentar