Sikapi OTT, Sekda Lobar Kumpulkan Semua OPD

Kabag Humas Pemerintahan Lombok Barat Ahmad Nuralam Saat Diwawancara Media Ini

Lombok Barat (Insidelobar.com) - Terkait dengan kasus hukum yang menjerat pejabat eselon ll Kabupaten Lombok Barat (Lobar), atas nama Pemerintah Daerah Bupati H. Fauzan Khalid melalui Sekretaris Daerah (Sekda) langsung perintahkan semua Kepala OPD dikumpulkan dengan tujuan memberikan pengarahan.

Kabag Humas H. Saiful Ahkam menyebutkan, Terkait dengan OTT terhadap Kepala Dinas Pariwisata IJ, kita secara umum berpandangan, Pemkab Lobar sangat kaget dan prihatin atas OTT tersebut. Ini pembelajaran yg luar biasa pahit sehingga tdk terulang di kemudian hari.
Kondisi Ruangan Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat Yang Dalam Keadaan Disegel dan Dibatasi Garis Kejaksaan RI 

Pemkab Lobar sangat menghargai proses penegakan hukum dan mendukung spenuhnya terhadap hal tersebut. Namun sebagai objek hukum, Pemkab berharap asas praduga tidak bersalah juga dikedepankan.

"Kami akan menunggu dalam 2 hari ke depan untuk proses kepastian hukum. Semoga ada jalan terbaik buat semua pihak," harapnya.

Pasca kepastian hukum lanjut Ahkam,  apakah menjadi saksi atau tersangka, Pemkab baru akan menyusun tindakan yang bersangkutan tentang status kepegawaiannya.

Bupati, atas nama Pemkab Lobar mohon doa ke masyarakat, semoga bisa keluar dari musibah ini dan tetap konsisten menjalankan reformasi birokrasi untuk  good and clean governance, pungkasnya.

Sementara, Kabag Hukum Pemerintahan Lobar Ahmad Nuralam Mengatakan, Pihaknya sangat prihatin terhadap kasus yang menerpa rekan kerja yang terindikasi dengan kasus Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Kejari Mataram. Selain itu, kita menghargai proses hukum yang tengah berjalan oleh aparatur hukum di Kejaksaan.

"Tadi Sekda MOh. Taufiq menyampaikan agar semua Kepala OPD agar lebih berhati hati karena jangan sampai kasus ini terulang kembali," ujarnya.

Dalam waktu dekat ini lanjut Nuralam, sudah dua pejabat pemerintahan yang terjerat OTT. Ini artinya Bupati supaya melakukan operasi yang menyeluruh terkait dengan persoalan ini.

"Pengarahan semacam ini sudah dilakukan kepada seluruh Kepala OPD. Sekaligus kita sambil menunggu kepastian dari pihak kejaksaan," ucapnya.

Biasanya kejaksaan ketika sudah rampung pemeriksaan awal, sudah pasti akan menetapkan status kepada yang bersangkutan IJ, maka barulah nanti kita akan mengambil langkah tindak kepegawaian.

"Apakah nantinya dengan surat pemberitahuan itu yang ditembuskan ke Bupati, tindaklanjutnya akan diambil langkah langkah hukum selanjutnya," jelas dia.

Kita dalam hal ini  Kata Nuralam, tetap akan memberikan support moril kepada yang bersangkutan agar dapat melalui proses hukum sampai tuntas. Jika akan ada bantuan hukum nantinya akan dilihat dulu. Karena kita belum tahu, apakah yang bersangkutan nanti resmi ditetapkan sebagai tersangka atau tidak.

"Secara umum, kalau dia sifatnya pidana secara pribadi maka proses bantuan hukum itu tidak akan diberikan karena tindakan pidana itu dilakukan oleh yang bersangkutan sebagai oknum," tegasnya.

Tapi apapun itu, tetap mengedepankan asas praduga tak bersalah sejauh mana prosesnya kita lihat dulu.

"Mungkin satu dua hari ini akan ada penetapan status," paparnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari sejumlah media lanjut dia, pihaknya sudah memanggil pejabat di Dinas Pariwisata yang menyaksikan saat terjadinya OTT bahwa benar yang bersangkutan diamankan Kejari serta ruangan kerjanya disegel.

"Sepertinya IJ ditangkap terkait dengan proyek yang sedang ditangani di OPD nya. Kepastiannya kami sedang menyuduri proyek yang mana, sehingga kami tidak bisa memberikan informasi lengkap sampai kita menunggu," imbuhnya.

Sampai sekarang belum ada koordinasi dari pihak kejaksaan terkait. Biasanya akan ada setelah 2 kali 24 jam kejaksaan akan bersurat penetapan tersangka dan surat penahanan itu yang akan ditembuskan kepada kita.

"Kalau sudah itu, baru bisa ada tindakan administratif kepegawaian," jelasnya. (IkhW@N)
Download
Sikapi OTT, Sekda Lobar Kumpulkan Semua OPD

0 Response to "Sikapi OTT, Sekda Lobar Kumpulkan Semua OPD "

Posting Komentar