Pemasok Sabu Lintas Provinsi Digelandang, Polisi Amankan 200 G Sabu



Kapolres Lombok Barat AKBP Hery Wahyudi Didampingi Kasat Narkoba Tengah Musnahkan BB Jenis Sabu Yang Disaksikan Pihak Kejaksaan dan Pengadilan Mataram
Lombok Barat (Insidelobar.com) -
Jajaran polres Lombok Barat berhasil menangkap terduga pelaku kurir narkoba inisil AF (34) asal daerah Aceh. Terduga kurir yang biasa menyuplai narkoba jenis sabu ke wilayah Lombok tersebut, sudah kali kedua mengirim barang haram ke kawasan wisata seperti Senggigi dan Gili Terawangan.

 Sebanyak 200 gram (g) narkoba jenis sabu dimusnakah oleh pihak Polres Lombok Barat (Lobar), kemarin. Narkoba itu didapatkan dari kurir yang berencana mengedarkan barang haram itu ke Gili Trawangan Kabupaten Lombok Utara (KLU). Pemusnahan berlangsung di Mapolres Lobar. Langsung dilakukan dan disaksikan Kapolres Lobar, perwakilan Kejaksaan, Pengadilan Negeri Mataram, pangacara pelaku dan perwakilan tokoh masyarakat.
Konferensi Pers Terkait Penangkapan Pelaku Pemasok Barang Haram Jenis Sabu, Ikut Hadirkan Kejaksaan dan Pengadilan Sebagai Saksi

Kapolres Lobar AKBP Heri Wahyudi menerangkan, jika pelaku berinisial AF ditangkap pada selasa (29/10) lalu. Sekitar pukul 23.30 wita dikawasan Senggigi ketika hendak berencana menyeberang. Pria asal Aceh itu datang dari Jakarta ke Lombok pada Senin (28/10) lalu.

“yang bersangkutan dihubungui oleh pelaku H untuk menjadi kurir barang sabu itu. Kemudian AF diberikan tiket dan ongkos untuk ke Lombok,” ungkap Heri.

Setibanya di Lombok, AF dijemput H dan diajak menginap di hotel kawasan sekitar BIL. Di hotel itu H memberikan AF barang itu untuk diantarkan ke wilayah Mataram dan menumui pelaku IR. Kedua pelaku lantas bertemu dengan IR di hotel kawasan Senggigi.

“Sebelum ke hotel di kawasan Senggigi itu, yang bersangkutan sempat menggunakan barang itu di wilayah Ampenan. Dan dari hasil tes urin itu positif menggunakan,” sambungnya.

Dari keterangan pelaku, jika ia sudah dua kali membawa barang itu ke Gili Trawangan. Bahkan pada pengiriman pertama ia berhasil membawa sekitar 100 gram sabu dan disebarkan di kawasan Senggigi.

“Itu dia terima ongkos Rp 10 juta itu yang pertama. Yang kedua ini dia dijanjikan ongkos Rp 20 juta,” jelasnya.

Jika diuangkan diperkirakan sabu dengan beras sekitar 200 gram lebih itu senilai Rp 400 juta. Pihaknya terus mengembangkan kasus itu. Termasuk mengejar pelaku IR dan H yang berhasil melarikan diri.

Lantas dari mana barang itu ? Heri mengatakan sejuah ini pihaknya belum bisa memastikan dari mana asalnya. Namun ada dugaan barang itu digerakan dari pelaku yang berada di dalam lapas. Hal itu berdasarkan penyelidikan chat dari Handphone milik AF. Hanya saja ia belum berani memastikan hal itu.

“Itu masih kita dalami,” pungkasnya.

Kini Pelaku sudah diamankan di Mapolres Lobar. Sedangan barang bukti sabu berat sekitar 200 gram lebih itu sudah dimusnakan dan disaksikan oleh pihak terkait disertai berita acara.
Pelaku disangkakan pasal 112 Ayat (1), 114 ayat (2), dan 127 ayat (1) huruf a undang-undang narkotika. Dengan ancaman hukum 20 tahun penjara dan denda maksimal Rp 1 miliar. (IkhW@N)
Download
Pemasok Sabu Lintas Provinsi Digelandang, Polisi Amankan 200 G Sabu

0 Response to "Pemasok Sabu Lintas Provinsi Digelandang, Polisi Amankan 200 G Sabu"

Posting Komentar