Meriahkan HUT Ke Vlll, Desa Golong Gelar Seabrek Kegiatan


Warga Desa Golong Ikut Carnaval Budaya Mengenakan Busana Dari Bahan Daur Ulang Sampah dan Pakaian Adat

Lombok Barat (Insidelobar.com) - Pemerintah desa Golong Kecamatan Narmada menggelar berbagai kegiatan dalam rangkaian memperingati HUT Desa VIII. Memeriahkan HUT tersebut, Pemdes menyelenggarakan berbagai aitem kegiatan yang mulai dari lomba  Carnaval budaya dengan mengangkat tema kreativitas dan lingkungan. kegiatan tersebut bernuansa keagamaan melalui Golong Berzikir dan STQ.

Selain itu, Pemdes mengadakan kegiatan Bazar atau pasar murah dengan menyasar masyakarat untuk pemenuhan kebutuhan dengan harga murah. Disamping itu juga pihaknya menggelar  kegiatan olahraga jalan sehat.

Beragam kegiatan dalam rangkaian HUT desa Golong yang dipimpin oleh HM Zainuddin, SE tersebut disambut antusias masyakarat. Mereka tumpah ruah ikut berpartisipasi meramaikan kegiatan tersebut. 

Kepala Desa Golong HM Zainuddin SE
mengatakan, berbagai kegiatan dalam semarak menyambut HUT desa ini berangkat dari usulan dan masukan masyakarat. Mulai kegiatan Carnaval budaya dengan tema kreativitas dan memelihara lingkungan.
Dalam pelaksanaan Carnaval, warga keliling desa menggunakan busana dari daur ulang sampah.  Tujuannya, untuk meningkatkan kesadaran warga soal persoalan sampah.

"Bagi pemenang disiapkan hadiah berupa dana pembinaan, untuk juara I diberikan Rp 1 juta, juara II rp 750 ribu dan juara III rp 500 ribu. Selian itu, diprogramkan juga untuk tahun depan.  Dimana masing-masing pemenang diberikan hadiah dalam bentuk program. Juara I diberikan Rp 25 juta, 20 dan 15 juta. Program ini nantinya berdasarkan usulan dari dusun masing-masing," ungkapnya.

Selain Carnaval budaya lanjut dia, pihaknya juga menggelar kegiatan lomba untuk anak usia dini.  Diantaranya lomba mewarnai dan menyanyi bagi TK serta Paud. Lomba ini diadakan sebagai bentuk perhatian desa terhadap dunia pendidikan untuk menumbuhkan kreativitas anak usia dini.  Tidak saja lomba - lomba, pihaknya juga menggelar bazar atau pasar murah bekerjasama dengan dinas Perindag Lobar.

"Alhamdulillah ramai warga masyakarat kita, mereka berbondong - bondong karena harga dibawah harga pasaran sehingga warga terbantu sekali," Kata dia.

Untuk membangun sumber daya manusia warganya, pihak desa menggelar Golong berzikir menghadirkan tuan guru setempat sebagai penceramah.

"Kita ajak masyakarat bersyukur atas bertambahnya usia desa ini," ujarnya.

Menyangkut pembinaan bidang keagamaan kata HM Zaenudfin, pihaknya mengadakan STQ tingkat desa. STQ ini diikuti para peserta Qori' dan qoriah dari masing-masing dusun.  Kedepan para qori' dan qoriah ini akan dibina dengan mendatangkan guru untuk melatih. Puncak Kegiatan semarak HUT ini ditutup acara olahraga jalan sehat Minggu nanti. Selain itu, ada pameran potensi desa yang menampilkan kerajinan, produk lokal dan kreasi pemuda setempat. 

"Kita juga sudah koordinasi dengan Bapenda dan kepolisian untuk pelayanan perpanjangan STNK serta sim," imbuh dia. 

Ia menambahkan berbagai kegiatan yang melibatkan semua unsur baik tokoh masyakarat, tokoh agama, kecamatan, TNI, Polri ini tidak saja sekadar menyemarakkan HUT desa. Namun juga sangat menyasar kebutuhan warga sehingga membantu masyakarat.

"Dengan bertambahnya usia Desa Golong yang ke VIII, terdapat banyak program yang sudah dicapai," akunya.

Dikatakannya, dari sisi aspek ekonomi, pendapatan masyarakat meningkat, angka pengangguran berkurang. Dari sisi pendidikan pihaknya maksimal membantu melalui penyiapan kelengkapan dan insentif bagi guru dan TK-Paud. Serta memberikan beasiswa bagi siswa miskin Berprestasi. Pihaknya juga membantu program Pemda, seperti penanganan stunting dan gizi. 

"Dari segi prestasi, kita dapat juara II pada Lomba Desa, karang taruna juara 10 besar nasional dan juara nasional perpustakaan serta juara I pada lomba masjid teladan, pungkasnya. (IkhW@N)
Download
Meriahkan HUT Ke Vlll, Desa Golong Gelar Seabrek Kegiatan

0 Response to "Meriahkan HUT Ke Vlll, Desa Golong Gelar Seabrek Kegiatan"

Posting Komentar