Tertibkan Administratif, TIM Inspektorat NTB, Audit Dana BOS dan Perangkat BMD


Kepala SMA 1 Jonggat

Lombok Tengah (Insidelobar.com) - Penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) di masing-masing sekolah diharuskan tepat sasaran dan berpedoman pada petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis (juklak juknis). Untuk memastikan apakah penggunaan dana BOS tahun 2019 di semua sekolah tingkat SMA sudah sesuai aturan atau tidak. Saat ini inspektorat Provinsi NTB melakukan audit dan verifikasi tengah turun ke sekolah-sekolah seperti di wilayah Lombok Tengah saat ini.

Kepala SMA 1 Jonggat Andap SPd yang ditemui di ruang kerjanya mengatakan, terhitung sejak beberapa hari kemudian, sekolahnya didatangi tim inspektorat Provinsi NTB dalam rangka pemeriksaan rutin Biaya Operasional Sekolah.

Merujuk pada surat tugas inspektorat, pemeriksaan rutin ini diberlakukan untuk seluruh sekolah yang ada di Lombok Tengah. Namun karena tidak bisa semua sekolah diperiksa sekaligus, akhirnya kebijakan tim Inspektorat NTB hanya mengambil sampel di beberapa sekolah saja.

"Untuk Loteng diwaki oleh beberapa sekolah saja untuk diambil sampelnya seperti SMA 1 Praya, SMA 1 Jonggat, SMA 4 Praya, SMA 2 Praya. Khusus untuk SMA 1 Jonggat, juga menjadi tim pemeriksa di SMA 1 Selong dan SMA 1 Lembar menurut surat tugasnya," ungkapnya.

Setelah pemeriksaan administrasi pada pekan kemarin lanjut Andap, administratifnya langsung dibawah ke Mataram untuk diperiksa, setelah itu dicocokkan data di  administrasi dengan fakta di lapangan yang hari ini tengah di verifikasi data pembelian baik barang Barang Milik Daerah (BMD)  maupun berupa mesin dan sebagainya serta verifikasi rehab.

"Verifikasi BMD ini berupa mesin seperti laptop, komputer, pembelian LCD pembelian buku. Semua barang ini menjadi BMD," jelasnya.
Tim Inspektorat Provinsi NTB Verifikasi BMD Di SMA 1 Jonggat Lombok Tengah

Dari semua barang yang ada, semuanya berangkat dari alokasi dana Bos. Dalam hal ini semuanya akan diperiksa dan di cek spesifikasinya, mereknya jumlahnya dan semua yang lainnya akan di cek.

"Hasil verifikasi ini akan cocokan dengan data yang ada dilaporan sekolah sebelumnya di BPKAD Provinsi," ungkapnya.

Mengenai anggaran Bos untuk rehab ringan atau fasilitas perbaikan ringan  terang dia, semuanya akan diperiksa. Tim akan memeriksa luasannya berapa, apa bidik yang diperbaiki, volumenya berapa itu tetap dalam pemeriksaan.

"Alhamdulillah, sampai dengan saat ini, semua yang ditunjukan dalam hasil pemeriksaan dan verifikasi tim inspektorat, lengkap validasinya. Semuanya dinyatakan memadai. Terlebih misalnya pada renovasi yang telah dikerjakan lebih dari volume. Hal ini pembuktiannya lengkap dengan RAB, foto kegiatan, foto hasil serta berita acara. Semuanya akan dicocokkan oleh tim yang turun," akunya.

Lebih jauh kata Andap, totalitas yang mendatangkan dana Bos itu tergantung pada jumlah siswa. Jika dihitung dari jumlah siswa kita disini mencapai 1000 orang, tapi yang tidak tercatat masuk di Dapodik dua orang, jadi jumlah yang kita terima hanya 998 siswa. Sehingga besaran BOS persiswa senilai 1 juta empat ratus ribu pertahun.

"Peruntukan dana BOS kami kisaran mencapai 1,1 Milyar pertahun," tegasnya.

Gelontoran ini katanya  diterimanya per triwulan. Dua puluh persen di triwulan pertama, 40 persen di triwulan ke dua, dan 20 persen di triwulan ke tiga dan ke empat.

"Penggunaan BOS ini harus bisa kami maksimalkan karena jangan sampai menjadi temuan. Insya Allah kami sudah jalankan  sesuaikan dengan petunjuk pelaksanaan teknisnya," ujarnya.

Namun yang masih dirasa saat ini jelasnya, kegiatan siswa berupa lomba atau turnamen yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan sendiri ada yang tidak boleh dibiayai oleh dana BOS jika kegiatannya ada di luar sekolah.

"Cerdas cermat empat pilar negara misalnya, jika pertandingannya di luar, itu tidak boleh dibiayai oleh BOS kecuali kegiatannya di sekolah," pungkasnya. (IkhW@N)



Download
Tertibkan Administratif, TIM Inspektorat NTB, Audit Dana BOS dan Perangkat BMD

0 Response to "Tertibkan Administratif, TIM Inspektorat NTB, Audit Dana BOS dan Perangkat BMD"

Posting Komentar