Pemkab Lobar Siapkan Masterplan Infrastruktur Kawasan Sekotong, Terintegrasi Dengan KEK Mandalika


Lombok Barat (Insidelobar.com) - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PU-PR) Lombok Barat tengah menyiapkan Masterplane pembangunan infrastrukstur kawasan Sekotong. Prospek Masterplan infrastruktur yang dimaksud, akan terintegrasi dan terkoneksi dengan KEK Mandalika Lombok Tengah.  Kerangka masterplan yang disiapkan ini per spot (segmen), untuk infrastruktur di kawasan gili seperti Gili Gede terintegrasi pengembangannya dengan Meang, Pantai Sepi, Buwun Mas. Lalu terkoneksi dengan Mekaki dan Bangko-bangko.

Demikian disampaikan Kepala Dinas PU- TR Lobar Ir. I Made Arthadana saat ditemui di ruang kerjanya kemarin 27/09.

“Kita sedang menyiapkan rancangan masterplan untuk infrastruktur kawasan sekotong terkoneksi dengan KEK Mandalika,” ujarnya.

Sesuai dengan fungsi tugas dinas PU lanjut Made Arthadana, pihaknya menyiapkan konsep penataan infrastruktur mengacu konsep penataan di kawasan Sekotong. Konsep yang disiapkan kata dia, pihaknya menyiapkan masterplan per spot (per segmen) untuk pengembangan kawasan Buwun Mas.

Kerangka konsep ini kata dia untuk gili-gili di kawasan sekotong dimulai dari gili gede. Dimana pengerjaannya tengah berlangsung.  Terintegrasi dengan pengembangan kawasan ini dengan Buwun Mas, disana ada Menang, Pantai sepi kemudian Mekaki dengan Bangko-bangko. Lalu konsep infrastruktur di kawasan Sekotong ini terkoneksi dengan KEK.

“Masterplan ini tengah kita susun, jadi infrastruktur per kluster (spot) ini terintegrasi dan terkoneksi dengan KEK, in konsep yang kita kembangkan dari sisi infrastruktur," jelasnya.

Karena program nasional kata dia, konektivitas infrastruktur dengan KEK Mandalika dimana posisi Lobar sebagai penyangga. Saat ini, tengah mengerjakan konsep untuk mempersiapkan masterplan tersebut. Salah satunya, seperti pembangunan ruas jalan Bengkang-Meang masuk dalam konsep tersebut.

"Akes jalan lingkar yang dibangun sepanjang kurang lebih 4 kilometer lebih ini masuk ke kawasan pantai. Akses yang terkoneksi dengan jalan provinsi ini, menelan anggaran Rp 4,9 miliar lebih dari DAK 2019. Ruas jalan ini, satu-satunya di kecamatan yang masuk pembiayaan dari DAK pusat," terangnya.

Selain akses jalan interkoneksi di kawasan Sekotong sendiri, pihaknya juga akan berupaya mempersiapkan akses jalan dari Gili Mas Lembar langsung ke Mandalika melalui Buwun Mas. Akses jalan ini kata dia bagian integrasi dari pengembangan infrastruktur yang perlu dibangun kedepan.

“Ini masuk, karena semua terkoneksi dengan KEK Mandalika, pungkasnya. (IkhW@N)
Download
Pemkab Lobar Siapkan Masterplan Infrastruktur Kawasan Sekotong, Terintegrasi Dengan KEK Mandalika

0 Response to "Pemkab Lobar Siapkan Masterplan Infrastruktur Kawasan Sekotong, Terintegrasi Dengan KEK Mandalika"

Posting Komentar