Galakan Bantuan Kemanusiaan, Pol Airud Polres Lombok Barat Droping Air Bersih

Sat Pol Airud Polres Lobar Sedang Menyalurkan Bantuan Air Bersih Kepada Masyarakat Pesisir Yang Ada Di Sekotong

Lombok Barat (Insidelobar.com) - Sat Pol Airud Polres Lombok Barat,  melakukan gelar bakti sosial dengan mendistribusikan air bersih. Bakti sosial menyasar sejumlah wilayah pesisir yang ada di Sekotong ini, menerjunkan 20 orang personil melalui jalur penyeberangan laut dengan menggunakan armada kapal CP 2, CP 3 dan satu kapal angkut.


Kasat Pol Airud Polres Lombok barat IPDA l. GST. MD Suarjaya mengatakan, pihaknya melaksanakan bantuan distribusi air bersih ke wilayah pelosok yang ada di pulau pulau kecil terluar. Bantuan sosial kemasyarakatan ini akan disalurkan di sejumlah Desa dan di sejumlah Dusun yang ada di Sekotong yang memang Imergence dengan kebutuhan tersebut.

Kegiatan ini bekerjasama dengan PT Nusa Tenggara Marine Pelabuhan  Lembar dengan melibatkan puluhan personil.

"Kami salurkan bantuan air bersih ini sebanyak 5 ton di Desa Tawun Dusun Telegok dan Dusun Telaga Lutfi Kecamatan Sekotong Barat. Semoga bantuan ini bisa bermanfaat untuk masyarakat," ungkapnya.

Menurutnya, program kegiatan sosial ini  sebelumnya sudah terencana serta akan  dilaksanakan secara rutin. Sebagai langkah awal, pihak Pol Airud melaksanakannya sepertili di Dusun Telegoq dan dua kali di Telaga Lutfi. Dua dusun ini disinyalir sangat membutuhkan kebutuhan vital ini, sebab selama ini terangnya dia, warga di dua Dusun tersebut sejauh ini  mereka sangat jauh dari jangkauan ketika  mengambil air bersih dari luar dengan menggunakan kendaraan. Makanya kita prioritaskan kebutuhan air untuk masyarakat disana, agar harus dibantu.

Droping air bersih lanjut Suarjaya,  pihaknya menggunakan jalur transportasi laut dengan menggunakan armada Kapal C2, Kapal C3 dan satu kapal pengangkut. Selama dalam perjalanan, kita harus melewati jalur tempuh selama dua jam.

"Efektif nya harus dengan jalur laut karena memang, sebab lintas penyebrangan laut, jauh lebih efektif ketimbang jalur darat. Total waktu yang dihabiskan untuk kegiatan sosial ini, hingga memakan waktu 3 jam," ujarnya.

Mengenai jumlah Kepala Keluarga khusus di Telaga Lutfi mencapai sekitar 30 KK. Dari jumlah ini, saban hari harus rela merogok rupiah untuk membeli air. Untuk ukuran satu Jirgen seharga 8 hingga 10 ribu. Pun membeli saja air saja, warga harus membutuhkan waktu yang banyak serta harus rela keluar dari dusun setempat.

Sementara kita lakukan  pendataan dulu, dimana hal ini guna menyimpulkan daerah daerah yang terdampak kekeringan terlebih kepada daerah pesisir. yang berada di pulau pulau kecil atau pulau terluar yang jauh  dari jangkauan. Kedepannya kita daerah Montong, pantai Indo dan pantai Cemara.

"Kedepan, dengan kegiatan yang sama, kita akan sasar dan targetkan daerah ini untuk diberikan bantuan penyaluran air bersih ini," tegasnya.

Atensi dari Kapolres, memang harus menggalakan kegiatan kemanusiaan ini terutama di daerah daerah yang krusial terdampak kekeringan. Selain itu, sembari memberikan pesan pesan Kamtibmas mengenai kebakaran hutan dan lahan. Hal ini sesuai dengan penekanan Presiden RI melalui Kapolri. (IkhW@N)
Download
Galakan Bantuan Kemanusiaan, Pol Airud Polres Lombok Barat Droping Air Bersih

0 Response to "Galakan Bantuan Kemanusiaan, Pol Airud Polres Lombok Barat Droping Air Bersih"

Posting Komentar