Kembalikan Kejayaan Pariwisata, Pemkab Lobar Selenggarakan Event Nasional Gowes Nusantara



Bupati saat melepas ribuan peserta gowes nusantara di depan hotel Montana Senggigi Minggu (1/9)

Lombok Barat (Insidelobar.com) - Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat melalui Dispora menyelenggarakan kegiatan Event  Gowes Nusantara di Senggigi Minggu (1/9) diserbu ribuan peserta. Kegiatan yang dikhajatkan untuk mengembalikan kejayaan destinasi Sengigi pasca gempa lalu, diikuti peserta disegenap penjuru.Tak hanya dari Pulau Lombok tapi dari berbagai wilayah yang ada di Indonesia.

" Giat ini menjadi kali ke tiga, namun pada Gowes Nusantara sekarang, ikut terlibat tim jelajah sepeda nusantara yang mencapai finish di Lobar," kata Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Ma'ad Adnan.

Tim jelajah nusantara ini terdiri dari 27 orang yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia. Mulai dari Aceh, Kalimantan, Sulawesi, Jawa, NTT, NTB hingga Papua. Mereka sudah menuntaskan perjalanan dari Sabang sampai Merauke dengan finishnya di Lobar.

"Mereka telah melintasi Papua, Papua Barat, Sabang, Kalimantan, Sulawesi, Pulau Jawa. Kebetulan untuk etape ketiga finishnya dipilih di Lobar," terang Ma'ad.

Sebanyak empat ribu lebih peserta mengikuti event yang digelar ke-3 kalinya itu di kawasan Wisata Senggigi Lombok Barat ini. Jumlah itupun melampaui target. Event itupun langsung dibuka oleh Deputi Pembudayaan Olahraga dan pejabat Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) RI. Disamping itu dihadiri langsung oleh Bupati Lobar, kepolisian, TNI dan pejabat Lingkup Pemkab Lobar.

"Semangat dari masyarakat begitu luarbiasa mengikuti kegiatan ini, awalnya kami prediksi 3 ribuan peserta, Alhamdulillah bisa mencapai 4 ribuan peserta, melampaui target,” ujarnya.

Berbeda dengan tahun sebelumnya, Ma’ad mengaku jika pada tahun ini pihaknya memadukan olahraga dan seni. Sebab selain gowes nusantara, pihaknya juga mengelar festival music putra daerah.

“Tujuannya merekatkan persatuan, kita semua bersaudara,” serunya.

Selain itu ia mengungkapkan pada hari itu juga, Lobar sekaligus menjadi lokasi finish dari rangkaian tim jelajah gowes nusantara. Yang diikuti dari 27 orang atau atlit seluruh daerah di Indonesia. Rutenya mengelilingi Indonesi dari Sabang sampai Merauke dan berakhir di Lobar.

“Sebagai bentuk bahwa dia sudah sampai titik finis dikalungkan mendali finisher,” pungkasnya.

Sementara, Bupati Lobar H Fauzan Khalid berharap, melalui kegiatan ini bisa membangun dan  bangkitkan pariwisata Lobar pasca bencana gempa. Menurutnya masyarakat Lobar gemar berolahraga. Tidak hanya Gowes saja, beberapa event olahragapun rutin setiap tahunnya digelar Pemkab Lobar.

"Disamping Gowes Nusantara ini kita juga ada event marathon, dan sebagainya,” sambungnya.

Iapun berpesan kepada tim jelajah gowes nusantara untuk tetap menjaga kesatuan, dan kesatuan. Tim itupun sudah menujukan pluralisme dengan keberagaman suku bangsa yang ada didalam tim ini.

"Ini bentuk pengakuan dan deklarasi bahwa kita ini satu, dari papua sampai sabang,” pungkasnya.

Kesuksesan acara Gowes Nusantara di Lobar itupun diapresiasi Deputi Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI, Raden Isnanta yang hadir diacara itu. Menurutnya dengan ramainya peserta yang mengikuti menujukan bahwa olahraga begitu didukung oleh berbagai elemen masyarakat. Sehingga ia meyakini masyarakat Lobar dan umumnya Lombok bisa menjadi masyarkat yang sehat dan bugar.

“Mari olahraga ini kita rutinkan setiap minggunya, apapun itu bentuk olahraganya,” pesannya. (IkhW@N)
Download
Kembalikan Kejayaan Pariwisata, Pemkab Lobar Selenggarakan Event Nasional Gowes Nusantara

0 Response to "Kembalikan Kejayaan Pariwisata, Pemkab Lobar Selenggarakan Event Nasional Gowes Nusantara"

Posting Komentar