Dinas PU Lombok Barat Atensi Proyek Tidak Ber Plang Informasi



Kepala Dinas PU-TR Lombok Barat

Lombok Barat (Insidelobar.com) - Kritikan Dewan Lombok Barat yang menyoroti sejumlah pengerjaan proyek fisik, tidak dilengkapi dengan plang informasi. Padahal, plang yang menunjukan servis publik tersebut, sudah diatur dan masuk dalam spesifikasi anggaran proyek yang dimaksud.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Lombok Barat (Lobar) Ir. Made Arthadana menanggapi, justru merasa berterima kasih. Sebab kata dia, kritik itu membangun, sepanjang itu untuk perbaikan, kenapa tidak dan pastinya kita atensi.

Menindaklanjuti perihal tersebut, pihaknya akan turun ke sejumlah proyek yang sedang berproses, guna mengecek plang informasi dari masing-masing proyek itu. Apakah sudah terpasang atau belum. Jika tidak, akan diingatkan dan harus agar segera dipasang.

"Ini akan menjadi bahan evaluasi jangan sampai tidak ada plang informasi proyeknya,” tegasnya.

Dikatakannya, dari awal sudah ditegaskan pada rekanan rekanan agar plang proyek itu dipasang sebagai akses informasi masyarakat. Begitu pihak rekanan melakukan penandatanganan kontrak, sudah kelihatan servis publikasinya.

“Kawajiban dari pada proyek, harus memasang plang proyek,” jelasnya.

Diakuinya sejauh ini dari sekitar ratusan proyek yang ada di PU. Sekitar 16 paket proyek masih proses pengerjaan. Terdiri dari sekitar 14 paket pada Bidang Bina Marga, dan 2 Paket pada Cipta Karya berupa Gedung. Rata-rata dari seluruh paket proyek itu progresnya sudah mencapai diatas 50 persen.

"Yang lainnya sudah semua,” bebernya.

Sebelumnya Anggota DPRD Lobar Fraksi Gerindra, Minaim mengkritik sejumlah proyek Pemkab Lobar yang tidak memasang plang informasi proyek. Padahal papan informasi itu dinilainya begitu penting. Agar warga mengetahui dari mana sumber pembiayaan proyek tersebut.

"Kok dibiarkan, Proyek-proyek ini ndak ada plang informasinya,” Kritiknya.

Bahkan politisi asal Sekotong itu menemukan sendiri ada proyek yang tak berplang informasi di Dusun Pangsing Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong. Ia juga sempat menanyakan kenapa rekanan proyek itu kenapa tidak dipasangkan plang. Namun justru tidak dihiraukan oleh rekanan.

"Tidak dijawab pertanyaan saya,” sesalnya.

Ia menilai plang informasi itu penting. Masyarakat juga perlu tahu dengan proyek yang dibawangun dikawasanya. Sehingga fungsi kontrol pengawasan terhadap proyek tersebut bisa dilakukan masyarakat.  Sebab taka da jaminan kemungkinan kualitas proyek yang dikerjakan tersebut tidak bermasalah.

"Kualitasnya nanti bermasalah, ini kan harus diawasi,” tegasnya. (IkhW@N)
Download
Dinas PU Lombok Barat Atensi Proyek Tidak Ber Plang Informasi

0 Response to "Dinas PU Lombok Barat Atensi Proyek Tidak Ber Plang Informasi"

Posting Komentar