Tindaklanjut Keputusan MK, KPU Tetapkan Kursi Parpol dan Calon Anggota DPR Terpilih

KPU Lombok Barat Gelar Pleno Terbuka

Lombok Barat (Insidelobar.com) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Barat melaksanakan
Rapat Pleno Terbuka Penetapan perolehan kursi partai politik dan penetapan calon terpilih Anggota DPRD Kab Lombok Barat, hasil pemilu tahun 2019. Agenda ini diselenggarakan di Aruna Hotel Jum,at 9 Agustus 2019.

"Hari ini, KPU Kabupaten Lombok Barat  menggelar Rapat Pleno Terbuka Penetapan Perolehan Kursi dan Calon Terpilih Anggota DPRD Kabupaten Lombok Barat," ungkap Ketua KPU Bambang Karyono.

Dalam rapat pleno hari ini diumumkan nama-nama anggota DPRD Lombok Barat periode 2019-2024. Nantinya, para anggota DPRD yang baru terpilih ini, akan dilantik dan disahkan oleh Gubernur.

"Berkas administrasi yang dulu diserahkan kepada kami sebagai syarat pencalonan, nanti akan kami serahkan ke pemkab untuk dijadikan dasar SK dan pelantikan. Kapan pelantikan itu  sambungnya, tergantung dari Bupati," ujarnya.

Selain itu jelas Bambang, agenda penetapan perolehan kursi dan penetapan calon terpilih adalah salah satu rangkaian tahapan yang harus dilalui oleh KPU. Kegiatan ini pun sebagai salah satu tindaklanjut daripada keputusan MK yang sudah diputuskan dua hari yang lalu. Berdasarkan PKPU bahwa agenda penetapan itu maksimal 5 hari sejak keputusan itu ditetapkan.

"Alhamdulillah KPU Lombok Barat mampu melaksanakan pada hari kedua setelah keputusan itu kami terima," ucapnya.

Selanjutnya kata dia, apa yang kami hasilkan ini menjdii salah satu syarat pengusulan bagi calon terpilih untuk dilantik. Namun sebelumya, pihaknya akan mengusulkan ke Gubernur NTB melalui Bupati.

"Sampai hari ini, semua berjalan lancar sampai pada prosesnya berjalan lancar nyaris tidak ada tanggapan dan sanggahan baik dari Bawaslu maupun dari para sakai," urainya.

Agenda terakhir nanti adalah penandatanganan para saksi terhadap keputusan yang sudah kita tetapkan . Salah satu persyaratan administratifmya adalah model E 1 dengan lampiran lainya. Termasuk juga persyaratan persyaratan pencalonan yang lain. Dan itu juga menjadi akumulasi persyaratan pengajuan untuk pelantikannya nanti.

"Semua kami selesaikan. Besok kami akan langsung menyerahkannya ke Bupati. Syarat pengusulan itu sekaligus nanti akan diserahkan juga keputusan penetapan ini kepada masing masing calon terpilih, pungkasnya. (IkhW@N)
Download
Tindaklanjut Keputusan MK, KPU Tetapkan Kursi Parpol dan Calon Anggota DPR Terpilih

0 Response to "Tindaklanjut Keputusan MK, KPU Tetapkan Kursi Parpol dan Calon Anggota DPR Terpilih"

Posting Komentar