Pastikan Kesehatan Hewan Qurban, Dinas Pertanian Cek Lapangan

Dinas Pertanian Pastikan Kesehatan Hewan Qurban Jelang Idul Adha

Lombok Barat (Insidelobar.com) - Menjelang hari raya Idul Adha 1440 Hijriyah, Pemerintah Kabupaten Lombok Barat melalui Dinas Pertanian melakukan pemeriksaan kesehatan hewan qurban yang tersebar disejumlah tempat. Hal tersebut guna menghindari hewan hewan qurban, yang terjangkit penyakit berbahaya.

Kegiatan pengawasan dan monitoring ini melibat dari Dinas Pertanian Lombok Barat, Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Kecamatan, Tim dari Polres Lombok Barat.

Kepala Dinas Pertanian Ir. Muhur Zokhri
menjelaskan, dengan dilakukannya pengawasan kesehatan dan indikasi adanya penyakit pada hewan qurban, hal ini bertujuan untuk mencegah adanya pemotongan terhadap ternak yang terjangkit penyakit menular dan menghindari masyarakat dari mengkonsumsi daging yang tidak sehat.

Sesuai Dasar pelaksanaan untuk pengawasan ini adalah Peraturan Menteri Pertanian No. 114 Tahun 2014 Tentang Pelaksanaan Pengawasan Hewan Qurban.

"Dari Hasil monitoring kita sejak hari senin sampai sekarang, terdapat 1.175 ekor kambing dan sapi yang siap qurban. Jumlah tersebut, 200 ekor sapi dan 975 ekor kambing yang sudah kita monitor di pengepul untuk di jual. Namun, 1 ekor sapi dan 3 ekor kambing diantaranya,  tidak memenuhi syarat untuk di qurban karena sakit mata dan Scabies (Koreng)," ungkapnya.

Sejauh ini lanjut dia, terhitung  sejak dilakukan monitoring disemua Kecamatan,  monitoring lapangan  di sembilan kecamatan, jaminan kesehatan ternak di Lombok Barat, calon hewan qurban ini alhamdulillah cukup bagus.

H. Mujur menghimbau kepada seluruh masyarakat dan pelaksana qurban, agar ternak yang akan di qurban harus sehat, tidak cacat, serta cukup umur.

"Apabila ada masyarakat yang ragu dan mau memastikan kondisi calon hewan qurbannya, dapat menghubungi Dinas Pertanian melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan," harapnya.

Untuk tahun 2018, berdasarkan data yang diperoleh dan tercatat oleh Dinas Pertanian Kabupaten Lombok Barat mencatat sebanyak 3.140 ekor hewan qurban yang terdiri dari 1.120 ekor sapi dan 2.020 ekor kambing.  (IkhW@N)
Download
Pastikan Kesehatan Hewan Qurban, Dinas Pertanian Cek Lapangan

0 Response to "Pastikan Kesehatan Hewan Qurban, Dinas Pertanian Cek Lapangan"

Posting Komentar