Bantu Program Bupati dan Gubernur, Kades Jeringo Kembangkan Desa Wisata Secara Mandiri


Kades Jeringo Tengah Berpose Di Lokasi Telaga Singkur Yang Akan Dijadikan Destinasi Wisata Baru

Lombok Barat (Insidelobar.com) - Pemerintah Desa Jeringo Kecamatan Gunungsari Lombok Barat, berupaya membantu meringankan beban tugas Gubernur Dr. Zulkieflimansyah dan Bupati Lobar H Fauzan Khalid dalam memberdayakan masyarakat untuk bangkit pascagempa. Upaya yang dilakukan Pemdes setempat melaui pengembangan desa wisata ini, tanpa meminta bantuan dari Pemda dan Pemprov.

Pihak desa secara mandiri mengembangkan desa wisatanya dengan meminta ke pegiat wisata dan NGO. Bahkan desa ini meminta bantuan langsung kepada Presiden Komite Perdamaian Dunia, Mr. Djuyoto Suntani. Presiden perdamaian dunia tersebut bersedia mensuport pihak desa dalam mengembangkan destinasi wisata desa, yang tidak saja skala nasional namun berskala internasional.

Destinasi wisata desa ini akan dijadikan spirit peradaman dunia.
Kades Jeringo Sahril mengaku memang desanya tidak terdaftar sebagai desa wisata di Pemda Lobar maupun di pemprov.

“Tapi tugas kami adalah membantu meringankan beban tugas pemerintah baik itu pak Bupati dan Gubernur, maka kami ndak akan merecoki dengan pembangunan desa wisata desa kami. Tapi kami mencoba membangun desa wisata dengan kemandirian, komunikasi dengan NGO, pegiat wisata maupun pegiat lain,” jelas dia.

Desa Jeringo kata Sahril, tak ingin ketergantungan ke pemerintah dalam pengembangan desa wisata, sebab dirinya ingin berkolaborasi dengan masyarakat dan pihak terkait.
Hal ini pula yang memotivasinya mengembangkan desa wisata yang tidak saja level lokal, nasional namun internasional.

Sejauh ini sudah banyak pegiat wisata yang membantunya mengembangkan desa wisata ini. Termasuk kata dia Presiden Komite Perdamaian Dunia akan membantu. Bahkan kata dia, presiden komite perdamaian dunia ini akan dijadikan spirit perdamaian dunia.

“Kalau tidak ada halangan bulan ini pak presiden komite perdamaian dunia  akan datang ke Desa Jeringo, Ini membuktikan kalau kami akan go internasional,” imbuh dia.

Presiden perdamaian dunia ini bahkan bersedia mensuport untuk membantu pengembangan desa wisata tersebut. Ia sendiri akan meminta kepada presiden perdamaian dunia agar membantu mempromosikan desanya ke Negara-negara luar, ungkap Sahril.

Lebih jauh kata dia, konsep desa wisata yang dikembangkannya, yakni eko wisata. Pihaknya “menjual”wisata kreativitas dan aktivitas warga setempat. Ada empat pilar pembangembangan eko wisata yang dilaksanakan,  dibidang pertanian, perikanan, peternakan dan industry kreatif.

"Empat pilar ini jelas dia menjadi icon desa wisata kedepan. Kebutuhan wisata ini jelas dia tidak lepas dari peran serta masyarakat, sehingga petani akan diwisatakan seperti panen raya padi, tanaman sabrang," ujarnya.

Ada juga wisata religi dengan menampilkan kegiatan santri di ponpes sederhana yang ada di desa itu.  Semua destinasi wisata ini, pihaknya akan membuat paket wisata dan menjualnya ke tamu tidak saja bagi tamu lokal namun mancanegara. Selain itu, pihaknya berencana membuat watter boom untuk wisata lokal dilengkapi taman bermain, taman bacaan dan taman gallery serta kuliner.

"Lahan untuk menyiapkan fasilitas ini sudah ada lahan warga, mereka bersedia untuk membantu membangun desa wisata," terangnya.

Sejauh ini pihaknya sudah membuat dan menata lokasi cikal bakal wisata taman wisata telaga singkur. Lokasi ini sudah disiapkan fasilitas seperti jalan terowongan. pihaknya akan menyiapkan taman wisata sampah yang dibuat dari bahan sampah, ecobrik. Taman ini ditanami kebutuhan pokok maupun bunga-bunga. Bahkan ide lain yang sudah disiapkan yang nanti akan diterapkan di desanya. Sehingga kata dia, ini sangat menyambut insiatif dari Presiden perdamaian dunia utuk menjadikan desa jeringo sebagai spirit dunia dengan adanya monument (prasasti) berupa gong perdamaian.

“Ini nanti jadi icon kami, kami ingin bangkit dari trauma ini dengan membebani pemerintah,”imbuh dia.

Menurut Sahril, inovasi yang dilakukan ini salah satu upayanya membangkitkan warganya dari pascagempa, pungkasnya. (IkhW@N)
Download
Bantu Program Bupati dan Gubernur, Kades Jeringo Kembangkan Desa Wisata Secara Mandiri

0 Response to "Bantu Program Bupati dan Gubernur, Kades Jeringo Kembangkan Desa Wisata Secara Mandiri "

Posting Komentar