Peresmian Kampung Baca Jasindo, Bupati Lobar Dorong Kebiasaan Anak Membaca

Bupati Fauzan Khalid Didampingi Ketua YIABI dan Het Off CSR PKBL Saat Peresmian Kampung Bacaan Jasindo Di Taman Baca Sandik Kecamatan Batu Layar

Lombok Barat (Insidelobar) - Badan Usaha Milik Negara (BUMN) PT. Asuransi Jasa Indonesia Jasindo bekerjasama dengan Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB) dan Pemkab Lombok Barat (Lobar) mendirikan  kampung baca di taman Sandik dan halaman Kantor Desa Rumak.

Dua tempat yang menjadi kampung   baca tersebut, masing-masing mendapat dua unit kontainer yang difungsikan untuk ruang belajar dan pustaka baca.

Dalam  sambutannya Ketua Yayasan Inspirasi Anak Bangsa (YIAB), Eko Syahputra menyampaikan, kampung Baca Jasindo merupakan sebuah wadah literasi bagi anak-anak yang tinggal di sekitarnya. Kampung bacaan dengan desain yang menarik dan fasilitas memadai, diharapkan dapat membuat anak-anak tertarik masuk ke ruangan dan tidak takut atau trauma lagi saat membaca dan  belajar.

"Ini Kampung Baca pertama berbasis kontainer yang kita dirikan. Ruang baca dan ruang kelas ini dikhususkan untuk anak-anak dengan suasana yang berbeda untuk trauma healing," jelasnya.

Program tamanisasi di sekitaran ruang belajar dan pustaka Jasindo dihatapkan dapat menjadi salah satu bentuk kegiatan yang dapat membantu trauma healing dalam bentuk positif. Jasindo juga memberikan pelatihan kepada enam puluh masyarakat dari Desa Sandik dan Desa Rumak. 

Sementara itu, Head Of CSR PKBL Jasindo Pusat Reni Rijal mengatakan, Jasindo sebagain tujuan salah satu BUMN yang diwajibkan oleh pemerintah untuk mengeluarkan semua dari keuntungan perusahaan guna kepentingan masyarakat.

"Kami milih Lobar ini sebagai salah satu daerah pasca gempa waktu lalu sekaligus bisa memberikan trauma healing Hanaya dengan datang membaca di taman Sandik ini," ujarnya.

Dengan dibangunnya taman bacaan disini, kita mencoba memberikan fasilitas membaca kepada anak anak supaya bisa lebih giat lagi membaca dan juga mau untuk membaca.

"Kami kasi fasilitas yang dilengkapi dengan ruang bacaan sama ruang belajar yang dilengkapi dengan AC," ungkapnya.

Fasilitas ini dilengkapi juga dengan konsep yang berbeda dimana dua unit container yang berisi buku, disulap jadi pustaka. Didalamnya dengan konsep yang nyaman yang bisa memberikan sejukan bagi pembaca.

"Konsep ini sengaja kami suguhkan AC agar pembaca merasa nyaman dan mau datang berulang ulang disini," urainya.

Untuk sementara, pihaknya akan memfokuskan dulu untuk anak anak, tapi tidak menutup kemungkinan untuk masyarakat lainnya.

Bupati Lobar Fauzan Khalid dalam sambutannya menyebutkan, hari adalah meresmikan rumah baca yakni sumbangan dari PT. Jasindo. Jika pemberian ini dinilai dengan uang kisarannya sekitar 500 juta. Atas nama masyarakat diucapkan terimakasih ya g sebesar-besarnya.

"Alhamdulillah kita diberikan dua tempat yang berbeda yaitu di Taman Bacaan Sandik dan di Halaman Kantor Desa Rumak," ungkapnya.

Membaca lanjut Fauzan, adalah sebuah kegiatan yang harus diusahakan oleh kita semua. Terlebih dengan membiasakan membaca terutama bagai anak anak kita, karena didalam membaca terdapat sumber ilmu yang banyak.

"Kedepannya kita bisa melihat dan mengetahui tingkat kebiasaan dan kecerdasan anak kerena membaca. Oleh sebab itu dengan kampung bacaan ini sekaligus membudayakan anak terbiasa membaca," tutupnya.

Kepala Pendidikan dan Kebudayaan Drs Hendrayadi menuturkan, kampung baca Jasindo ini perspektifnya ibarat layang putus yang ditangkapnya. Karena leading sektornya ada di Perpustakaan. Namun apapun itu, dengan kampung baca ini, dapat memberikan edukasi secara meluas terhadap masyarakat luas terutama anak anak pasca gejolak gempa lalu. Pun ini bisa menjadi inspirasi bagi anak sekaligus memberikan trauma healing bagi anak.

"Kami support saja, karena ini untuk pemanfaatan orang banyak terlebih kepada anak anak," ujarnya.

Pada prinsipnya konsep dari kampung baca ini akan dikelola oleh Desa. Dimana akan menunjuk orang yang bisa membantu pengelolaannya.

"Hari ini pelatihan untuk pengelolaan sudah ada. Diharapkan Dinas Perpustakaan yang akan terus membina dan merawat kampung baca Jasindo ini," pungkasnya. (IkhW@N)
Download
Peresmian Kampung Baca Jasindo, Bupati Lobar Dorong Kebiasaan Anak Membaca

0 Response to "Peresmian Kampung Baca Jasindo, Bupati Lobar Dorong Kebiasaan Anak Membaca"

Posting Komentar