Pendidikan Karakter SDN 2 Jagaraga, Perkuat Nilai Agama



Kepala SDN 2 Jagaraga Junaiddin SPd Berpeci, Bersama Wali Kelas Vl Juni Setiawan

Lombok Barat (Insidelobar.com) - Penerapan Kurikulum di SDN 2 Jagaraga diklaim telah menunjukan peningkatan. Hal ini ditunjang adanya pelatihan kepala sekolah dan guru guru, sehingga menjadi indikator bertambahnya SDM dan Kompetensi di sekolahnya.

Kepala SDN 2 Jagaraga Junaiddin SPd menyebutkan, munculnya karakter dan pendidikan budi pekerti yang telah diintegrasikan ke dalam semua studi,  menjadi kelebihan dalam penerapan kurikulum 13 disini.

Dalam melaksanakan K13 dinilai memiliki beberapa kelebihan diban­ding KTSP  2006. Sebab pada K13, siswa lebih dituntut untuk aktif, kreatif dan inovatif dalam se­tiap pemecahan masalah yang mereka hadapi di sekolah. Selain itu, dalam penerapannya, terdapat penilaian dari semua aspek. Penentuan nilai bagi sis­wa bukan hanya didapat dari nilai ujian saja tetapi juga di­dapat dari nilai kesopanan, religi, praktek, sikap dan lain-lain.

"Kelihatan kalau dalam kurikulum ini, sangat mendidik karakter siswa yang baik," ujarnya.

Dalam K13 di sekolahnya sudah berlangsung lama sejak tiga tahun. Tahapan pertama diterapkan khusus kelas 1 dan Kelas 4, tahun kedua untuk kelas 2 dan kelas 5 sedangkan tahun ini kelas 3 dan kelas 6.

"Intinya kita perdalam pendidikan karakter," tegasnya.

Hal yang paling menarik dari K13 ini ada­lah sangat tanggap terhadap fenomena dan perubahan sosial. Hal ini mulai dari perubahan sosial yang terjadi pada tingkat lokal, nasional, mau­pun global. Standar penilaian mengarahkan kepada peni­lai­an berbasis kompetensi seperti sikap, ketrampilan dan pengetahuan secara proporsional, pungkas Junaiddin.

Sementara itu, Wali Kelas Vl  Juni Setiawan menjelaskan, awal sebelum melaksanakan K13 prosesnya lama, karena sebelum menerapkannya, terlebih dahulu guru dilakukan pembekalan oleh pemerintah terkait yang dilatih tenaga instruktur yang memang berkompetensi didalamnya.

"Alhamdulillah hasil dari pelatihan guru dipraktekan sesuai materi dan pengembangannya didepan siswa," ujarnya.

Pelaksanaan K13 sudah dimulainya sejak tahun lalu, sebagai sekolah imbas, pelatihan sudah dilakukan guru kelas 1 dan guru kelas lV. Tapi seiring berjalannya waktu, semua kelas yang ada menggunakan K13 Sekarang ini.

"Saya saja, karena sudah mengikuti pelatihan dua kali secara bertahap, rasanya sudah mantap," akunya.

Ada yang substansif sebenarnya masalah  pembelajarannya yang mudah terbantu sebagai seorang guru, terbantu menyelesaikan proses mengingat ada buku siswa dan buku guru. Dengan begitu, dapat menyatukan antara buku siswa dan guru.

"Siswa akan belajar budaya budaya dari luar daerah, tinggal  menyesuaikan dengan budaya lokal kita disini," terangnya.

Mengenai pendidikan karakternya, tidak hanya dengan pendidikan agamanya saja tetapi ketika mengajar, akan diselipkan nilai nilai akhlak untuk menentukan karakter anak dan membiasakan bersabar dan berdoa.

"Pendidikan karakter ini kita isi dengan pembiasaan berdoa a sebelum memulai belajar. Misalnya ketika  kita mempelajari gejala atau fenomena alam, yang tidak bisa terdeteksi oleh manusia, disana kita selipkan juga nilai agama," tutupnya. (Ikhw@N)
Download
Pendidikan Karakter SDN 2 Jagaraga, Perkuat Nilai Agama

0 Response to "Pendidikan Karakter SDN 2 Jagaraga, Perkuat Nilai Agama"

Posting Komentar