MPLS SMPN 2 Gerung Asahan Bakat Anak dan Prioritas Pendidikan Karakter

Kepala SMPN 2 Gerung Lombok Barat Rofikah SPd


Lombok Barat SR - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) ditahun ajaran 2019 ini hampir sama dengan  tahun sebelumnya. Dimana jumlah peserta didik baru  sebanyak 65 orang. Jumlah ini untuk siswa kelas reguler saja. Berbeda dengan jumlah PPDB untuk SMP  terbuka hanya mencapai 20 orang saja.

"Totalitas PPDB disini 85 orang siswa. Jumlah ini untuk  sementara sebab semakin hari semakin bertambah pendaftarnya yang masuk di SMP terbuka," ungkap Rofikah SPd saat ditemui diruang kerjanya Jum,at 19/7 kemarin.

PPDB yang dihimpun awalnya dibuka dengan mengikuti kegiatan untuk pengenalan lingkungan sekolah yang dibagi dalam kelompok kelompok. Mereka semua diajak mengenal semua guru guru yang ada.kemudian diajak mengenal semua sarana dan prasarana serta diajak cara baris berbaris dihari pertama.

"Hari pertama kamu ajak untuk pengenalan lingkungan sekolah beserta semua yang ada di sekolah," paparnya.

Selain itu, memasuki hari berikutnya, anak diajak masuk ruangan untuk memberikan pembelajaran terkait  pendidikan karakter sama pengenalan tata tertib sekolah.

"Anak anak harus mengetahui tentang tata tertib sebagai dasar pengetahuan mereka tentang apa yang boleh dan tidak untuk dikerjakan," ujarnya.

Dalam tata tertib sekolah, anak harus menjalani semua apa yang menjadi ketentuan yang sudah digariskan. Paling tidak anak harus masuk jam sekolah tepat waktu. Yang lebih penting lagi yaitu, anak harus mengikuti pengajian bersama sebelum jam belajar sesuai yang sudah diprogramkan.

"Kita sudah sosialisasikan ke anak. Jadi soal pakaiannya juga harus dikenakan sesuai aturan srkolah.," Ucapnya.

Setiap Jumat juga harus mengikuti imtaq dan diselingi juga dengan kebersihan serta wakil apa yang ada disini. Nanti tinggal anak saja yang memilih sesuai dengan bakat dan kemampuan anak.

"Semua pokoknya harus komitmen dengan semua peraturan yang ada," tegasnya.

Mengenai sekolah reguler di SMPN 2 Gerung lanjut Rofikah, siswanya sedikit hanya dengan 65 orang saja. Meski sekarang sudah mengikuti sistem zonasi. Sejatinya setelah ditetapkan zonasi seharusnya siswanya bertambah, tapi tidak dengan sekolah kita disini.

"Mungkin zonasi disekitar sini kayaknya tidak berlaku kali ya," herannya.

Sebenarnya dengan penetapan zonasi ini sudah sesuai, hanya saja wali murid ini lebih ngotot mendaftarkan anak anaknya di sekolah favorit apa lagi sekolah favorit itu letaknya strategis karena keberadaannya di tengah kota. Namun untuk meggenjot siswa yang banyak, ke depan pihaknya akan membuat program eskul seperti zikir jaman.

"Kalau kita disini bukan sekolah negeri yang menjadi saingan tetapi sekolah swasta. Disekitar sini ada 7 sekolah Madrasah belum lagi ditambah 3 SMP Islam," ujarnya.

Menurutnya, seperti biasa siswa yang didapat dari SMP terbuka memang relatif sedikit dibanding sekolah reguler. Namun seiring berjalannya waktu jumlah ini semakin lama semakin bertambah dikarenakan siswa disekolah lain banyak yang keluar dan masuk di SMP terbuka. Pokoknya ada puluhan siswa yang datang pindah disini.

"SMP terbuka itu banyak seperti di Taman Ayu, Ada di Pantai Endo, di Senggeger, di Sekotong dan lainnya. Untuk di SMP 2 Gerung ini induk daripada SMP terbuka," jelasnya.

Sistem pembelajaran sama dengan sekolah reguler lainnya. Mereka yang terbuka ini belajar di tempat kegiatan belajar masing masing. Kadang kadang sekali sebulan gabung di sekolah induk dan pada setiap ulangan dan ujian seperti pada tahun tahun kemarin.

"Semua bergabung disini, tapi namanya tetap SMP terbuka Gerung 2 yang berinduk di SMPN 2 Gerung," terangnya.

Saat ini kata Rofikah, jumlah peserta didik baru kita meningkat sedikit dari sebelumnya. Karena ditahun lalu hanya dapat 75 sekarang 85 siswa baru. Dengan jumlah 65 orang dari reguler, akan dijadikan 2 rombongan belajar untuk sementara. Efektifnya akan ditempatkan 32 orang per Rombel.

Semua administratif satu dengan kita. Baik ulangan, ujian dan bahkan tahun kemarin  UNBK nya bersama dengan reguler. (W@N)
Download
MPLS SMPN 2 Gerung Asahan Bakat Anak dan Prioritas Pendidikan Karakter

0 Response to "MPLS SMPN 2 Gerung Asahan Bakat Anak dan Prioritas Pendidikan Karakter"

Posting Komentar