Asah Kompetensi, Disperindag Lobar Buka Pelatihan Perbengkelan

Program Disperindag Lobar Bekali Masyarakat Dengan Bimtek Motor Injeksi Kepada Sejumlah Peserta

Lombok Barat  (insidelobar.com)
- Pada era globalisasi saat ini, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi semakin berkembang pesat. Hampir setiap saat, perubahan itu selalu terjadi pada setiap sektor industri terlebih dalam industri otomotif. Atensi hal tersebut, Disperindag Lobar mengakomodir program perbengkelan melalui bidang ILMEA dengan membuka pelatihan perbengkelan motor injeksi terhadap masyarakat yang memiliki jasa bengkel di setiap  Kecamatan yang ada di Lombok Barat (Lobar).

Kasi ILMEA Agus Putrawan Hardy mengatakan, dengan semakin banyaknya motor injeksi saat ini, Disperindag Lobar mengatensi dengan kegiatan pelatihan terkait dengan motor injeksi. Dari 20 peserta yang ikut di masing masing kecamatan, mempunyai jasa bengkel yang ada di masing masing kecamatan dengan jumlah peserta 20 orang. Materi dalam pelatihan tersebut tidak jauh dari motor injeksi.

"Banyak bengkel binaan Disperindag, menolak pelayanan jasa jasa khususnya di motor injeksi karena takut dan tidak punya kemampuan dengan teknologi injeksi. Dengan dasar itu kami buka pelatihan dengan materi motor injeksi," ujarnya.
Program Disperindag Lobar Bekali Masyarakat Dengan Bimtek Motor Injeksi Kepada Sejumlah Peserta

Dengan alasan tersebut, Dinas Perindustrian dan Perdagangan melalui Bidang ILMEA memprogramkan kegiatan pelatihan perbengkelan sepeda motor, yang diselenggarakan di Lembaga Pelatihan Nolen Training Center, Batu Layar, Lombok Barat, pada tanggal 08 sampai dengan 12 Juli 2019.

"Kami berikan materidalam pelatihan seperti pada sistem bahan bakar injeksi,
sistem kontrol elektronik motor Injeksi, sistem induksi udara motor injeksi, traouble shooting, penggunaan peralatan sisitem injeksi dan pengaman motor," jelasnya.

Dikatakannya, pelatihannya dikemas secara berjenjang, dengan pesatnya perkembangan teknologi saat ini, terdapat banyak skill yang dimiliki oleh masyarakat. Namun skill yang dimaksud banyak pada bengkel  motor carlburator.
Peserta pelatihan saat ini adalah peserta Bimtek perbengkelan yang ada di tahun 2018 lalu. Selanjutnya peserta pelatihan ini akan disortir menjadi 10 orang dari 20 orang. 10 orang tersebut yang paling berbakat dan paling berminat.

"Kami sortir mereka 10 orang dari pelatihan yang dimaksud. Kita akan ikutkan mereka sebagai peserta pendampingan bengkel di tahun 2020," ungkapnya.

Selanjutnya setelah pendampingan bengkel, mereka akan dibekali bantuan alat sebagai star app mereka untuk mengerjakan jasa usaha perbengkelannya.

Ada tiga tahapan yang kita buka kegiatan yaitu Bimtek perbengkelan, kemudian akan diikutkan peserta pelatihan bengkel. Dari 20 orang peserta akan diambil 10 peserta pelatihan terbaik. Rata rata peserta diambil dari tiap tiap 10 kecamatan yang ada. Secara teknis, setiap tahun akan diadakan 2 atau 3 pelatihan.

"Biasanya kami ambil dan  dibagi daerah wilayah bagian Utara yakni Gunung Sari, Batu Layar dan Lingsar. Untuk bagian tengah kita ambil Labuapi, Kediri Kuripan dan Narmada. Sedangkan untuk bagian selatan kami ambil Gerung , Lembar dan Sekotong," jelasnya.

Pemberian bantuan itu  lanjut Agus, tidak asal memberikan begitu saja, karena mereka yang diakomodir sudah melalui proses pelatihan dan proses seleksi.

Latihannya selama 5 hari sedangkan di Bimtek selama 1 hari. Mereka akan dikumpulkan dalam satu ruangan dan instruktur memberikan materinya. Begitu juga dipelatihan bengkel. Bedanya dengan pendampingan bengkel instruktur akan mendatangi ke bengkel masing masing dan diberikan jatah dua hari.

"Bukan mereka yang mendatangi, tetapi  instruktur yang akan datangi bengkel dan akan dilihat cara kerjanya serta dilatih bagaiman cara penataan bengkel dan bagaiman memberikan pelayanan dan senyum sapa ke pelanggan serta bagaimana teknis pengerjaannya. (W@N)
Download
Asah Kompetensi, Disperindag Lobar Buka Pelatihan Perbengkelan

0 Response to "Asah Kompetensi, Disperindag Lobar Buka Pelatihan Perbengkelan"

Posting Komentar