Alokasi DAK Untuk RKB dan Rehab Prioritas Sekolah Terdampak Gempa, Dana APBD 5,5 M Menyebar Untuk Perbaikan Sekolah


Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Pendidikan dan Kebudayaan Lombok Barat Lalu Wire Kencana

Lombok Barat (insidelobar.com) - Peruntukan pembangunan Ruang Kelas Baru (RKB) tahun Anggaran 2019 untuk kegiatan di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, berasal dari dua sumber anggaran yaitu dari APBD dan APBN melalui DAK. Pernyataan ini disampaikan langsung Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dikbud Lobar Lalu Wire Kencana saat ditemui diruang kerjanya Kamis 18/7 kemarin.

Dia menyebutkan, dana yang bersumber dari APBD terbagi tiga seksi yakni bidang Paud, bidang SD dan bidang SMP. Namun diakuinya bahwa yang bersumber dari APBD nilainya sangat kecil. Karena ditahun ini di bidang Paud saja terdapat 20 kegiatan baik itu pembangunan RKB, Rehabilitasi dan penembokan dengan nilai 1,8 M. Sedangkan di bidang SD terdapat 12 kegiatan yaitu pembangunan RKB, Rehabilitasi dengan nilai 1,3 Serta di bidang SMP sejumlah 12 kegiatan yang sama yaitu Rehabilitasi dan penembokan dengan nilai 2 M.

"Totalitas anggaran APBD di tiga dibidang ini mencapai 5,2 M," ungkapnya.

Sedangkan sumber anggaran dari DAK lanjut Lalu Wire, nilainya cukup fantastis dimana tahun 2019 ini terjadi peningkatan dari tahun anggaran 2018 yang hanya mendapat 16 M. Untuk tahun 2019 naik menjadi tiga kali lipat yaitu 40, sekian.

Kenaikan DAK ini kata Wire, dikarenakan banyaknya sekolah sekolah yang ada di Lobar terjadi kerusakan diguncang gempa Agustus 2018 lalu. Hal ini menjadi kebijakan pemerintah pusat menilai bahwa sekolah di Lobar perlu ditingkatkan bantuan penanganan untuk di bangun RKB, Rehabilitasi terhadap sekolah yang dimaksud.

"Alhamdulillah realisasi ini, Mendikbud hanya menganggarkan untuk semua sekolah sekolah yang rusak ringan dan rusak sedang. Tahun ini sekolah yang terdampak gempa akan tertangani," jelasnya.

Terkait sekolah yang kategori rusak berat, menjadi domainnya Kementerian PU- PR dengan jumlah sekitar 12 sekolah yang akan ditangani. Namun hingga sekarang rencana tersebut masih belum terealisasi sebagian besar. Akan tapi, hal ini, Pemerintah Daerah masih berharap dan menunggu kapan akan dieksekusi puluhan sekolah yang masih belum tertangani ini.

"Dari 15 sekolah yang rusak berat, hanya 3 sekolah yang sudah tertangani," paparnya.

Selain itu, Lobar mendapat bantuan anggaran revitalisasi untuk 1 sekolah yaitu SDN 1 Bengkel dengan nilai anggaran 1,6 M.

"Sekolah ini dibongkar semua dan akan ditingkat dua, karena jumlah ruang kelas di  sekolah ini tidak  sebanding luas tanah dan jumlah siswa diatas 400 siswa," terangnya.

Semua data bersumber dari data dapodik. Dengan data itu menjadi dasar Kemendikbud untuk menentukan skala prioritas. Jika kemudian masih ada sekolah yang tidak mendapatkan DAK, itu dikarenakan persoalannya ada di data dapodik.

"Jadi perlu kami tegaskan bahwa, jika ada sekolah yang tidak dapat  bantuan rehab atau sekolah yang terlihat rusak itu karena persoalannya ada di data dapodik, sebab data ini menjadi acuan Kemendikbud," tegasnya.

DAK ini akan menyasar 365 sekolah dasar, itu artinya ada sekitar 98 sekolah yang akan direhabilitasi. Kemudian ada 5 sekolah yang akan dibangunkan rumah dinas guru dan 19 sekolah yang akan dibangunkan RKB.

"Jadi totalnya ada 120 yang akan tanggulangi dari DAK," ujarnya.

Mengenai porsi anggaran APBN melalui DAK, semuanya akan di swakelola. Sedangkan anggaran yang bersumber dari APBD semuanya akan di pihak ketiga kan.

"Sekarang DAK semuanya sedang berproses untuk masa pencairan tahap pertama sebesar 25 persen. Insya Allah Minggu depan sudah bisa dilaksanakan oleh sekolah," bebernya.

Sekolah dengan sistem swakelola ini akan di tangani oleh Panitian Pembangunan Satuan Pendidikan (P2S). Sedangkan panitianya sedang pembentukan sehingga untuk mulai pelaksanaannya tunggu proses pencairan terlebih dahulu, pungkasnya. (Ikhw@N)
Download
Alokasi DAK Untuk RKB dan Rehab Prioritas Sekolah Terdampak Gempa, Dana APBD 5,5 M Menyebar Untuk Perbaikan Sekolah

0 Response to "Alokasi DAK Untuk RKB dan Rehab Prioritas Sekolah Terdampak Gempa, Dana APBD 5,5 M Menyebar Untuk Perbaikan Sekolah"

Posting Komentar